Elektabilitas PDIP Jadi Pecutan Kinerja Kader

Elektabilitas PDIP Jadi Pecutan Kinerja Kader

Terbaiknews - Ilustrasi bendera PDI P (Dok.Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JawaPos.com – Kader PDIP menyambut baik hasil survei lembaga survei Charta Politika Indonesia. Menurut hasil riset yang diperoleh, PDIP berada di puncak klasemen partai dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitas tertinggi, yakni 20,5 persen.

Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan pihaknya bersyukur kepercayaan masyarakat pada PDIP masih tinggi meski partainya tengah diterpa berbagai isu negatif.

“Alhamdulillah walaupun diterpa berbagai isu tidak menjadi persepsi negatif rakyat terhadap PDIP,” kata Edi dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (25/7).

Edi mengatakan, hasil survei ini merupakan hasil kerja keras seluruh kader PDIP baik struktural, lagislatif dan eksekutif yang bahu-membahu bergotong royong bekerja meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kami mendengar dan menjalankan instruksi ketua umum agar seluruh kader fokus bekerja untuk rakyat, tetap jalankan fungsi masing-masing dan tidak terprovokasi dengan isu negatif yang diarahkan ke PDIP,” katanya.

Berkaca pada hasil survei Charta Politik ini, Edi mengaku optimistis partainya bisa mempertahankan kepercayaan masyarakat dan memenangkan pemilu 2024.

“Masyarakat bisa menilai bagaimana kinerja kader-kader PDIP di legislatif dan eksekutif, semoga kepercayaan masyarakat tetap kepada kami,” ungkapnya.

Diketahui, PDIP masih mendapatkan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil riset lembaga survei Charta Politika. Partai berlogo kepala banteng moncong putih itu memiliki tingkat keterpilihan sebesar 20.5 persen.

“Walaupun diterpa banyak berita negatif, tapi kepercayaan masyarakat terhadap PDIP masih tinggi,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat merilis hasil survei.

Mengacu hasil survei, mengikuti PDIP adalah Gerindra dengan elektabilitas (14.2 persen), Golkar (10.3 persen), PKB (8.7 persen), PKS (8.1 persen), Nasdem (8 persen), dan Demokrat (6 persen). Partai semisal PAN, PPP, Perindo, PSI, Garuda, Hanura, Berkarya, PKPI, PBB memiliki elektabilitas di bawah 3 persen.

Survei dilakukan pada 13 hingga 16 Juli 2020 dengan melibatkan 1.200 responden. Survei dilakukan melalui telepon berdasarkan database yang dimiliki dalam survei dua tahun terakhir. Margin of error sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Saksikan video menarik berikut ini: