Eks Direktur PT HTK Didakwa Menyuap Bowo Sidik Pangarso

Eks Direktur PT HTK Didakwa Menyuap Bowo Sidik Pangarso

Terbaiknews - – Mantan Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Taufik Agustono didakwa memberikan suap...

– Mantan Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Taufik Agustono didakwa memberikan suap kepada mantan anggota DPR RI Bowo Sidik Pangarso. Suap itu diduga sebesar USD 163.733 dan Rp 311 juta melalui Indung Andriani yang telah divonis bersalah dalam perkara ini.

Uang suap tersebut diberikan Taufik bersama dengan Manager Marketing PT HTK Asty Winasti. Suap itu diberikan secara bertahap.

“Dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya,” kata Jaksa Kiki Ahmad Yani membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (16/9).

Uang suap itu, diberikan Taufik dan Asty agar Bowo Sidik membantu PT HTK untuk mendapatkan kerjasama pekerjaan pengangkutan atau sewa kapal dengan PT PILOG. Bowo disebut turut membantu PT HTK sehingga Bowo mendapatkan fee.

Atas perbuatannya, Taufik didakwa melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Perkara ini merupakan pengembangan terkait perkara kerja sama pengangkutan bidang pelayaran yang berawal dari kegiatan tangkap tangan pada 28 Maret 2019. Dalam giat tangkap tangan, KPK menjerat Anggota DPR periode 2014-2019 Bowo Sidik Pangarso sebagai pihak penerima suap.

Bowo Sidik Pangarso telah divonis lima tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider empat bulan kurungan. Bowo dinilai terbukti menerima suap dan gratifikasi terkait jabatannya.