Efektivitas Flyover Tapal Kuda Urai Kemacetan Diuji Coba hingga Besok

Efektivitas Flyover Tapal Kuda Urai Kemacetan Diuji Coba hingga Besok

Terbaiknews - JakartaIDN Times – Jalan layang Tanjung Barat dan Lenteng Agungyang dikenal dengan sebutan...

Jakarta, IDN Times – Jalan layang Tanjung Barat dan Lenteng Agung, yang dikenal dengan sebutan flyover Tapal Kuda, mulai diuji coba untuk umum sejak Minggu (31/1/2021).Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta akan melakukan uji coba efektivitas pada hari kedua dan ketiga untuk mengurangi kemacetan khususnya di hari kerja dan penggunaan flyover ini.

"Untuk uji coba akan dilanjutkan Senin dan Selasa yang merupakan hari kerja dengan jam sibuk masing-masing, sehingga akan tergambar tingkat efektivitas dan kemanfaatan dari pembangunan kedua jalan layangdi atas, dalam mengatasi kemacetan sebelumnya," kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho saat dikonfirmasi di Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA,Senin (1/2/2021).

1. Uji coba fly over Tapal Kuda hari pertama tidak terlihat efektivitasnya karena di hari libur

Efektivitas Flyover Tapal Kuda Urai Kemacetan Diuji Coba hingga BesokPembangunan Jalan Layang Tapal Kuda pertama di Jakarta (Instagram.com/aniesbaswedan)

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan bahwa uji coba yang dilakukan di hari libur pada Minggu kemarin tidak terdata secara spesifik mengingat jumlah kendaraan yang melintas tidak terlalu padat karena bukan hari kerja, oleh karena itu efektivitas jalan layang belum bisa dipantau efektif.

Hari pertama uji coba masyarakat menyambut baik dengan dibukanya kedua flyover di Tanjung Barat dan Lenteng Agung, hal itu mempengaruhi pengguna kendaraan karena tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memutar ke putaran Srengseng Sawah, Universitas Pancasila.

"Flyover U Turn (berputar) dapat memangkas baik dari segi jarak maupun waktu tempuh," kata Hari.

2. Uji coba untuk umum dibuka selama tiga hari

Efektivitas Flyover Tapal Kuda Urai Kemacetan Diuji Coba hingga BesokPembangunan Jalan Layang Tapal Kuda pertama di Jakarta (Instagram.com/aniesbaswedan)

Flyover Lenteng Agung dan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, dibuka untuk umum selama tiga hari mulai dari Minggu (31/1/2021) hingga Selasa (2/2/2021).

Waktu uji coba untuk umum flyoverLenteng Agung-IISIP dan flyoverTanjung Barat ini dijadwalkan Minggu pada pukul 08.00 - 21.00 WIB. Pada hari berikutnya Senin (1/2/2021) pada pukul 06.00 sampai dengan 21.00 WIB. Lalu, Selasa (2/2/2021) pada pukul 06.00 - 21.00 WIB.

Kedua jalan layang ini dirancang menarik dengan mengambil bentuk seperti tapal kuda yang saling membelakangi Jalan layang Lenteng Agung memiliki panjang 430 meter di sisi barat dan 450 meter di sisi timur dengan lebar 6,5 meter. Sedangkan jalan layang Tanjung Barat sisi barat mencapai 540 meter dan sisi timur 590 meter.

3. Pembangunan jalan layang sebagai upaya meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan mengurai kemacetan

Efektivitas Flyover Tapal Kuda Urai Kemacetan Diuji Coba hingga BesokKawasan Jalan Layang Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Instagram.com/dkijakarta)

Menurut Hari, pembangunan jalan layang ‘flyover’ Tanjung Barat dan Lenteng Agung bisa meniadakan kemungkinan terjadi kecelakaan terhadap pengguna jalan dengan kereta api yang melintas di satu bidang jalan yang sama. Tujuan dibangunnya jalan layang ini adalah untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan Lenteng Agung sampai Tanjung Barat.

Selain itu, jalan layang dapat menghapus perlintasan sebidang kereta api untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas oleh pengguna jalan dengan kereta api serta mengamankan perjalanan kereta api.

Berita dengan kategori