Duo Pemain Naturalisasi Masih Jadi Tulang Punggung Timnas Indonesia

Duo Pemain Naturalisasi Masih Jadi Tulang Punggung Timnas Indonesia

Terbaiknews - Dua pemain naturalisasi Lester Prosper (kiri) dan Brandon Jawato menjadi bintang saat Timnas Indonesia mengalahkan Thailand pada kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. (FIBA Basketball)

– Tim nasional basket Indonesia tengah melakukan persiapan untuk windows ketiga. Itu merupakan tahap terakhir kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 di Doha, Qatar, Februari.

Persiapan matang wajib dilakukan pasukan Merah Putih. Terlebih, Brandon Jawato dkk dijadwalkan memainkan tiga laga melawan seluruh tim yang tergabung dalam grup A. Dimulai dengan melawan Korea Selatan pada 19 Februari, Filipina (20/2), dan Thailand (22/2).

Manajer timnas basket Fareza Tamrela menyatakan, tim rencananya berangkat pada 15 Februari. Saat ini, sambung dia, berbagai pematangan terus dilakukan. ”Dua minggu ini difokuskan ke pemantapan sistem. Baik offense maupun defense,” ujarnya kepada Jawa Pos.

Pria yang akrab disapa Mocha itu menjelaskan, pemantapan sistem dilakukan lantaran pada windows kedua sebelumnya, timnas sudah berkumpul tiga bulan setengah. Karena itu, kekompakan dan fisik sudah lebih mumpuni.

Dalam lawatannya ke Doha, timnas telah menentukan 12 nama. Dari total pemain yang dibawa, terdapat dua pemain baru yang sebelumnya tidak dibawa ke Bahrain. Keduanya adalah Sandy Ibrahim Azis dan Derrick Michael.

Mocha menyebutkan, pelatih Rajko Toroman ingin memberikan kesempatan bagi Sandy dan Derrick. ”Sandy bermain di wing dan Derrick sebagai back-up Lester Prosper,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Doha ditetapkan menjadi lokasi pertandingan grup A windows ketiga kualifikasi Piala Asia FIBA 2021. Doha menggantikan Clark yang mundur sebagai calon tuan rumah karena kebijakan perpanjangan larangan perjalanan yang diberlakukan otoritas Filipina.

Selain menjadi lokasi pertandingan grup A, Doha dipilih sebagai tuan rumah pertandingan grup B yang meliputi Tiongkok, Jepang, Taiwan, dan Malaysia. Serta grup E yang meliputi Qatar, Iran, Suriah, dan Arab Saudi.

Indonesia sendiri masih mengandalkan dua pemain naturalisasi sebagai tulang punggung tim. Yakni Lester Prosper dan Brandon Jawato.

12 Pemain Timnas Indonesia untuk ke Doha:
1. Hardianus Lakudu
2. Kevin Yonas Argadiba Sitorus
3. Muhammad Sandy Ibrahim Azis
4. Govinda Julian Saputra
5. Agassi Yeshe Goantara
6. Arki Dikania Wisnu
7. Widyanta Putra Teja
8. Derrick Michael Xzaverrio
9. Brandon Jawato
10. Lester Prosper
11. Abraham Damar Grahita
12. Andakara Prastawa Dhyaksa

Berita dengan kategori