Dukung PPKM dan Kurangi Kerumunan, Jalan Tunjungan dan Darmo Ditutup

Dukung PPKM dan Kurangi Kerumunan, Jalan Tunjungan dan Darmo Ditutup

Terbaiknews - Ilustrasi Jalan Darmo saat car free day. (Dok. JawaPos)

–Penutupan sejumlah ruas jalan utama Kota Surabaya kembali dilakukan. Langkah tersebut diambil dalam rangka pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra menuturkan, penutupan jalan tersebut bakal diberlakukan di jalan protokol. Jalan yang bakal ditutup adalah sepanjang Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo.

”Akan mulai diberlakukan pada Jumat dan Sabtu, 22 dan 23 Januari, mulai pukul 20.00 hingga pagi keesokan harinya pukul 08.00 WIB,” tutur Teddy pada Jumat (22/1).

Penutupan jalan tersebut sebagai bentuk dukungan atas diberlakukannya PPKM di Kota Surabaya. Penutupan mengacu pada kasus penyebaran Covid-19 yang makin tinggi.

Dia menjelaskan, Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo dipilih karena digunakan masyarakat untuk berkumpul di akhir pekan. Penutupan tersebut sebagai langkah antisipasi untuk menekan tingginya kasus Covid-19.

”Tujuannya untuk mengurangi mobilitas dan aktivitas masyarakat. Menghindari terjadinya kerumunan atau berkumpul masyarakat,” terang Teddy.

Untuk penutupan tersebut, lanjut dia, Satlantas Polrestabes Surabaya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya. Koordinasi itu diharapkan mampu menghasilkan efektivitas penutupan di dua ruas jalan tersebut.

”Sudah. Saya sudah koordinasi dengan Pak Irvan Wahyudrajat, kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Saya sudah koordinasi dengan beliau. Makanya penutupan ini bisa kami lakukan,” ujar Teddy.

Sebelumnya Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, Pemkot Surabaya akan menutup sejumlah ruas jalan protokol tiap akhir pekan, malam Sabtu dan malam Minggu. Penutupan jalan tersebut, lanjut Whisnu, akan dilakukan sejak pukul 7 malam. Dia mencontohkan penutupan jalan itu seperti saat malam tahun baru 2021.

”Waktu malam hari akan kita tutup jalan-jalan di tengah kota. Seperti malam tahun baru agar masyarakat tidak berbondong-bondong keluar tiap akhir pekan. Pokoknya malam hari sebelum libur besoknya. Kalau Jumat libur, berarti malam Jumat juga ditutup jalannya,” terang Whisnu.

Saksikan video menarik berikut ini: