DPR Minta Erick Thohir Konkret Garap Baterai Mobil Listrik

DPR Minta Erick Thohir Konkret Garap Baterai Mobil Listrik

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta Menteri Badan Usaha...

Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir serius dalam menggarap proyek baterai hingga mobil listrik dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ramson Siagian. Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dihadiri oleh Ketua Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik (Electric Vehicle/ EV Battery) Agus Tjahajana, Ramson meminta agar hal ini disampaikan kepada Menteri BUMN.


"Kita dorong ini, Pak Ketua Tim Percepatan EV tolong sampaikan ke Menteri BUMN, di sini ditunjukkan dulu kepiawaian beliau untuk bisa gerakkan semua," ucapnya dalam rapat, Senin (01/02/2021).

Ramson pun meminta agar Menteri BUMN juga bisa menyinergikan isu ini dengan kementerian terkait lainnya agar program percepatan baterai dan kendaraan listrik ini benar akan terwujud. Dia menilai sinergi antar kementerian di lapangan selama ini kurang benar-benar dijalankan.

"Harus ada sinergi, posisi Menteri BUMN dengan Menteri Keuangan, lintas menteri, harus menunjukkan kepiawaiannya. Sinergi-sinergi di lapangan kurang jalan. Ke depan ini harus benar-benar dijalankan," ucapnya.

Komisi VII DPR RI yang menangani bidang energi, pertambangan, lingkungan hidup, dan teknologi siang ini mengadakan RDP dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) guna membahas rencana pengembangan industri kendaraan listrik.

Hadir juga dalam RDP ini Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Dirut MIND ID Orias Petrus Moedak, Dirut PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini, Dirut PT Antam Tbk Dana Amin, Dirut PT LEN Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin, Kepala BPPT Hammam Riza, dan Kepala LIPI Laksana Tri Handoko.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)