Douglas, Badai Terkuat di Dunia Sedang Mendekati Pulau Hawaii

Douglas, Badai Terkuat di Dunia Sedang Mendekati Pulau Hawaii

Terbaiknews - KOMPAS.com -Badai Douglasbadai terkuat di Bumi saat initengah mendekati Hawaii. Namun,...

KOMPAS.com -Badai Douglas, badai terkuat di Bumi saat ini, tengah mendekati Hawaii. Namun, diperkirakan kekuatannya melemah sebelum dapat mencapai rangkaian pulau tersebut pada Minggu (26/7/2020) ini.

Puncak badai pada dengan kategori 4 terjadi pada hari Jumat (24/7/2020) dan melemah setiap harinya.

Menurut Pusat Badai Pasifik Tengah di Honolulu, pelemahan yang terjadi secara stabil diperkirakan akan berlanjut untuk dua hari ke depan saat badai mendekati Hawaii.

"Kepulauan Hawaii harus memantau kemajuan Douglas. Ada kemungkinan yang semakin besar akan terjadinya angin kencang, ombak berbahaya, dan curah hujan yang lebat mulai Sabtu malam atau Minggu," kata pusat badai sebagaimana dikutipCNN, Jumat (24/7/2020).

Kini, Douglas berada pada kategori 3 dengan angin yang berkecepatan 115 mil per jam (mph) dan memanjang hingga 25 mil dari pusat badai.

Peringatan akan datangnya badai juga telah dikeluarkan untuk Pulau Besar Hawaii dan Wilayah Maui, yang mencakup pulau-pulau Maui, Lanai, Molokai, dan Kahoolawe.

Topan Amphan Terjang India dan Banglades, 2 Warga Tewas dan 5.500 Rumah Rusak

Perkiraan badai

Angin badai tropis diperkirakan akan mencapai Hawaii pada Sabtu (25/7/2020) waktu setempat.

Pusat badai sendiri memperkirakan hujan akan turun di sebagian pulau, terutama di area yang lebih tinggi.

Badai juga akan menciptakan gelombang besar yang kemungkinan dapat menyebabkan ombak yang berbahaya selama beberapa hari.

Saat ini, Douglas berada 725 mil di arah timur tenggara Hilo, Hawaii dan tengah bergerak ke arah barat-barat laut, langsung menuju deretan pulau.