Distribusi Bansos Tunai Tahap I Tuntas H-1 Lebaran

Distribusi Bansos Tunai Tahap I Tuntas H-1 Lebaran

Terbaiknews - PENCAIRAN BANSOS: Warga mengambil bantuan tunai tahap pertama di Kantor Pos Barata Jaya Selasa (12/5). (Frizal/Jawa Pos)

– Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tahap I rampung pekan ini. Sebanyak 8,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh provinsi bisa mendapatkan bansos senilai Rp 600 ribu itu sehari sebelum Lebaran.

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengatakan, pihaknya terus melakukan perbaikan dari segala sisi terkait penyaluran bansos. Mulai urusan data, prosedur penyaluran, hingga mekanisme pencairan anggaran. Proses distribusi juga terus dimaksimalkan.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos Asep Sasa Purnama menambahkan, penyaluran BST mengalami progres yang cukup signifikan. Kemarin (21/5) sudah lebih dari 60 persen BST disalurkan kepada KPM. â&;&;Dan, pada Sabtu, 23 Mei 2020, target kita BST tersalurkan kepada 8,3 juta KPM,â&;&; tutur dia.

Selain itu, lanjut dia, Kementerian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) telah memberikan dispensasi terkait pencairan anggaran bansos untuk penanggulangan Covid-19. Jika biasanya perlu waktu seminggu untuk pencairan anggaran reguler, khusus bansos Covid-19 bisa diproses dalam sehari.

Setelah BST tahap I rampung, akan dilanjutkan penyaluran tahap kedua. Target tahap II selesai pada minggu terakhir Mei, sedangkan tahap III pada minggu ke-3 Juni. â&;&;Saat persiapan masuk sekolah,â&;&; ungkapnya.

Sasa menyatakan bahwa tidak ada lagi perbedaan data dengan daerah. Per 20 Mei, diterima data dari daerah sebanyak 8.346.645 KPM. Kemensos masih menunggu sisa data sehingga genap 9 juta KPM seperti target awal.

Saksikan video menarik berikut ini: