Dishub Tambah Lampu dan Rambu di U-Turn Flyover Mayangkara

Dishub Tambah Lampu dan Rambu di U-Turn Flyover Mayangkara

Terbaiknews - HARI PERTAMA: Belum banyak pengemudi motor maupun mobil yang putar balik di U-turn baru di bawah flyover Mayangkara ini. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

— U-turn flyover Mayangkara resmi dibuka Selasa pagi (15/9). Banyak pengendara yang belum mengetahui. Beberapa evaluasi bakal dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya. Salah satunya, menambah speed trap di sisi barat. Dengan begitu, kendaraan dari selatan bisa memperlambat lajunya. Termasuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Kendaraan dari arah utara, untuk putar balik, kini tak berbelok di persimpangan Royal Plaza. Cukup memanfaatkan U-turn di bawah flyover Mayangkara. Hanya, pengendara diminta untuk berhati-hati. Khususnya saat malam. Nanti ada tambahan penerangan di sana, ucap Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Beta Ramadhan kemarin.

Penambahan penerangan diharapkan bisa mencegah terjadinya kecelakaan. Pengendara yang putar balik akan terlihat oleh pengemudi dari arah selatan. Langkah lain adalah menambah rambu dan warning traffic. Harapannya, kendaraan dari selatan bisa lebih berhati-hati, lanjutnya.

Speed trap nanti juga ditinggikan. Pita kejut yang ada saat ini belum optimal. Kendaraan dari arah selatan tetap melaju dengan kecepatan tinggi. Hal itu tentu membahayakan. Terutama bagi kendaraan yang hendak putar balik. Sebab, mereka memakan lajur kendaraan dari selatan. Khususnya untuk roda empat.

Menurut Beta, hari pertama memang banyak pengendara yang belum tahu. Beberapa pengendara juga masih putar balik di persimpangan Royal Plaza. Namun, karena ada petugas, mereka akhirnya memanfaatkan U-turn tersebut. Rambu sudah dipasang, maklum hari pertama, ucapnya.

  • Hari Ini Bisa Putar Balik di Bawah Mayangkara

Keberadaan U-turn diharapkan mampu mengurangi kepadatan kendaraan. Khususnya di persimpangan Royal Plaza dan Wonokromo. Nah, untuk saat ini penggunaan U-turn masih bergantung pada traffic light di Wonokromo. Terutama ketika jam sibuk. Itu terjadi karena lajur dipakai kendaraan yang menuju arah selatan.

Saksikan video menarik berikut ini: