Diklaim 94,5% Efektif, Vaksin Corona Moderna Akan Dihargai Mulai dari Rp 354 Ribu

Diklaim 94,5% Efektif, Vaksin Corona Moderna Akan Dihargai Mulai dari Rp 354 Ribu

Terbaiknews - KOMPAS.com - Perusahaan bioteknologi Amerika SerikatModernabekerja sama dengan National...

KOMPAS.com - Perusahaan bioteknologi Amerika Serikat, Moderna, bekerja sama dengan National Institutes of Health tengah mengembangkan vaksin corona yang disebut dengan mRNA-1273.

Kepala Eksekutif Moderna, Stephane Bancel, mengaku akan mematok harga antara 25 hingga 37 dollar AS atau antara Rp 354.125 hingga Rp 524.105per dosis kandidat vaksinnya.

"Karena itu, biaya vaksin kami hampir sama dengan suntikan flu, yaitu antara 10-50 dollar AS," ujar Bancel seperti dikutip dari CNA, 22 November 2020.

Sebelumnya,Moderna mengklaim keefektifan vaksin Covid-19 eksperimentalnya mencapai 94,5 persen.

Hal ini diungkapkan berdasarkan data sementara dari uji klinis tahap akhir.

Moderna menjadi pengembang vaksin virus corona kedua yang melaporkan hasil yang jauh melebihi harapan, setelah Pfizer dan BioNTech.

4 Vaksin Corona yang Efektivitasnya Diklaim Mencapai 90 Persen

Seorang pejabat Uni Eropa menuturkan, Komisi Eropa berkeinginan mencapai kesepakatan dengan Moderna untuk pasokan jutaan dosis kandidat vaksin berharga di bawah 25 dollar AS per dosis.

"Belum ada yang ditandatangani, tapi kami hampir mencapai kesepakatan dengan Komisi Uni Eropa. Kami ingin mengirimkannya ke Eropa dan sedang dalam pembicaraan konstruktif," ujar Bancel.

Pembicaraan Uni Eropa dengan Moderna terkait vaksin virus corona eksperimental telah dilakukan setidaknya sejak Juli.

Vaksin Moderna

Kandidat vaksin yang dikembangkan Moderna bergantung pada penyuntikan potongan materi genetik virus, m-RNA ke dalam sel manusia.