Diduga Alami Penyiksaan, 3 Monyet Milik YouTuber Abang Satwa Disita

Diduga Alami Penyiksaan, 3 Monyet Milik YouTuber Abang Satwa Disita

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dibantu Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan...

Jakarta, IDN Times - Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dibantu Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menyita tiga ekor monyet dari seorang YouTuber, M Rian. Tindakan itu dilakukan karena dugaan penyiksaan terhadap primata tersebut.

Co-Founder of JAAN and Head of the JAAN Wildlife Division, Femke den Haas, mengungkapkan dugaan penyiksaan tersebut direkam oleh M Rian dan ditayangkan pada channel YouTube Abang Satwa.

"Salah satu yang paling ekstrem adalah kanal YouTube dari Rian M yang mengeksploitasi monyet dengan menyalakan petasan di dekat mereka dan melakukan tindakan kejam lainnya yang dia rekam dan bagikan di YouTube," kata Femke dalam siaran persnya, Senin (1/2/2021).

1. Penyitaan bertepatan dengan Hari Primata Sedunia

Diduga Alami Penyiksaan, 3 Monyet Milik YouTuber Abang Satwa DisitaJAAN dan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menyita tiga ekor monyet. (JAAN)

Femke mengungkapkan penyelamatan tersebut dilakukan setelah JAAN mendapatkan laporan mengenai penyiksaan satwa yang diunggah di YouTube, salah satunya Abang Satwa.

JAAN bersama Sudin KPKP Jaksel pun mendatangi rumah M Rian di Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (30/1/2021). Penyitaan terhadap tiga ekor monyet milik M Rian ini bertepatan dengan Hari Primata Sedunia.

"Kanal YouTube ini akhirnya menimbulkan kemarahan publik dalam skala internasional," ungkapnya.

2. Ketiga monyet ditempatkan di pusat rehabilitasi

Diduga Alami Penyiksaan, 3 Monyet Milik YouTuber Abang Satwa DisitaTangkapan layar channel YouTube Abang Satwa. (JAAN)

Ketiga monyet yang disita dari M Rian memiliki nama Boris, Boim dan Mona. Setelah penyitaan, JAAN membawa ketiganya untuk direhabilitasi.

Femke mengaku berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Sudin KPKP Jaksel yang responsif terhadap isu satwa. Ia berharap upaya ini dapat menghentikan penyiksaan terhadap satwa di Jakarta.

3. Pemilik channel Abang Satwa unggah video perpisahan

Diduga Alami Penyiksaan, 3 Monyet Milik YouTuber Abang Satwa DisitaJAAN dan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menyita tiga ekor monyet. (JAAN)

Sementara itu, M Rian mengunggah video perpisahannya dengan ketiga moyet tersebut di channel YouTube Abang Satwa. Video diunggah pada Minggu (31/1/2021),

"Hari ini hari terakhir saya bersama Boris, Boim dan Mona," ungkap M Rian dalam videonya.

Ia mengaku mau melepas ketiga monyetnya karena ukurannya yang sudah besar. M Rian mengaku takut monyetnya bisa lepas dari kandang dan menyerang warga sekitar.

"Kenapa saya ingin mengantar Boris ke dinas, karena dia ukurannya sudah besar dan tidak bisa ditaruh di kandang lagi, karena saya takut dia lepas dan bisa menyerang warga sekitar saya, itulah yang saya hindari," ungkapnya.

https://www.youtube.com/embed/1tAjHBuP0l8