Dibongkar, Begini Isi Jeroan Sony PlayStation 5

Dibongkar, Begini Isi Jeroan Sony PlayStation 5

Terbaiknews - JawaPos.com – PlayStation 5 (PS5) adalah konsol game generasi terbaru dari Sony dan mulai...

JawaPos.com – PlayStation 5 (PS5) adalah konsol game generasi terbaru dari Sony dan mulai dijual bulan depan. Belum lama ini, kami juga sudah melihat video langsung dari konsol bersama beberapa menit cuplikan game dari Jepang.

Hari ini, Sony merilis video pembongkaran atau tear down yang menunjukkan bagian dalam konsol game. Dalam video berdurasi tujuh menit yang diposting di Twitter resmi PlayStation Europe itu semakin menegaskan betapa luar biasa besarnya PlayStation 5.

Konsol yang dibalut warna putih di kedua sisinya memiliki port USB Type-C dan port USB Type-A di depan sedangkan bagian belakang adalah rumah bagi dua port USB 3.0 (10Gbps), port LAN, port HDMI out, dan port input daya. PS5 adalah konsol yang sangat bertenaga dan untuk menjaganya tetap dingin, Sony telah memasang ventilasi udara di bagian depan dan belakang dan kipas pendingin yang tak kalah besarnya.

Video juga menunjukkan bahwa alas melingkar yang diduduki konsol perlu disekrup jika Anda ingin menempatkan konsol dalam posisi vertikal. Dalam mode lansekap, itu dijepitkan ke bodi dengan bantuan penjepit atau clamp.

Dibandingkan dengan Xbox Series S dan Xbox Series X yang dapat berdiri dan berbaring miring tanpa perlu dudukan, PS5 agak terlalu ekstra. Butuh effort lebih untuk menata konsol tersebut sesuai dengan keinginan kita.

Pembongkaran tersebut juga menunjukkan bahwa mudah untuk melepas pelat putih di sisi konsol. Semua itu membutuhkan sedikit pelepasan di samping. Saat dilepas, Anda akan disambut oleh kipas pendingin besar yang memanjang ke kedua sisi. Ada juga pelat yang bisa dilepas untuk mengungkap slot PCIe 4.0 SSD untuk ekspansi penyimpanan.

Pembongkaran menunjukkan penyimpanan SSD disolder di papan dan ada pengontrol SSD 12 saluran khusus yang membantunya mencapai kecepatan yang sangat cepat. Kami juga melihat CPU dan GPU yang dipasok AMD, yang pertama menggunakan logam cair untuk pendinginan.

Selain saat mencoba menambahkan lebih banyak penyimpanan, seharusnya tidak perlu membuka konsol Anda. Meski demikian, jika Anda penasaran ingin mengetahui apa saja yang ada di dalam konsol game terbaru Anda, video ini seharusnya sudah lebih dari cukup atau yang lain akan dibuat oleh para YouTuber saat PlayStation 5 mulai dijual. (*)

Berikut ini video tear down PS 5