Di Hadapan Sultan Jogja dan Mahasiswa UGM, Ma’ruf Bicara Konstitusi

Di Hadapan Sultan Jogja dan Mahasiswa UGM, Ma’ruf Bicara Konstitusi

Terbaiknews - – Generasi muda harus paham apa itu konstitusi. Karena di dalamnyamemuat berbagai aturan...

– Generasi muda harus paham apa itu konstitusi. Karena di dalamnya, memuat berbagai aturan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Ma’ruf Cahyono saat menjadi pembicara dalam talkshow dengan tema, “Ukir Integritasmu Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Antikorupsi” di Grha Sabha Pramana Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (11/9).

“Lebih dari itu, di sana (konstitusi, red) juga ada ideologi dan jati diri bangsa. Generasi muda harus paham itu. Generasi muda harus paham konstitusi,” ujar Ma’ruf Cahyono.

Selain Ma’ruf, acara yang dipandu oleh presenter kondang Valerina Daniel ini menghadirkan narasumber Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Prof Panut Mulyono.

Tampak ribuan mahasiswa UGM hadir di acara tersebut. Ruang utama Grha Sabha pun penuh sesak. Bahkan sebagian ada yang duduk di balkon dan terlibat menjadi bagian dari Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019.

Dalam acara yang dibuka oleh Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X itu, Ma’ruf Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, yang dalam hal ini diwakili oleh tiga peraih gelar juara.

Untuk juara pertama lomba Debat Konstitusi diraih oleh Universitas Sumatera Utara diwakili mahasiswa USU Febry Indra Gunawan. Kemudian hadiah juara pertama lomba Academic Constitutional Drafting yang dimenangkan UNDIP Semarang diterima oleh mahasiswa UNDIP Farid Ibrahim.

Sementara UGM sebagai juara Akademic Constitutional Drafting untuk kategori naskah terbaik, hadiahnya diterima oleh Jery Hutagalung.