Demokrat Yakin Kudeta ke AHY Bukan Perintah Jokowi

Demokrat Yakin Kudeta ke AHY Bukan Perintah Jokowi

Terbaiknews - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjalan saat memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat JakartaSenin (1/2/2021). AHY menyampaikan adanya upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat secara paksadi mana gerakan itu melibatkan pejabat penting pemerintahanyang secara fungsional berada di dalam lingkaran kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JawaPos.com – Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko telah melakukan penyalahgunaan wenenang sebagai pejabat negara.

Sebab menurut Herzaky, mantan Panglima TNI tersebut diduga ingin berupaya melakukan kudeta terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

“Bagi kami, ini adalah persoalan abuse of power, penyalahgunaan kekuasaan oleh pihak di luar partai untuk mengganggu partai kami, dengan memanfaatkan segelintir mantan kader yang tidak cukup percaya diri untuk berpolitik dengan cara mereka sendiri, dan bolak-balik berupaya merongrong soliditas serta integritas partai kami,” ujar Herzaky kepada wartawan, Kamis (4/2).

Herzaky mengatakan, apa yang dilakukan oleh Moeldoko menjadi ancaman bagi Partai Demokrat. Karena dengan cara-cara ilegal diduga ingin melakukan kudeta terhadap Partai Demokrat.

“Ini ancaman nyata bagi demokrasi. Ini juga menjadi lampu kuning bagi partai-partai politik maupun organisasi-organisasi masyarakat,” katanya.

Herzaky mengatakan, Partai Demokrat meyakini dugaan kudeta ke AHY ini bukanlah perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab dia meyakini kepala negara tersebut pasti menggunakan cara politik yang beradab.

“Ketua Umum AHY dan jajaran pimpinan partai yakin, ini bukan perintah Presiden atau jajaran kabinet. Kita masih ingat komitmen Presiden Jokowi untuk menegakkan demokrasi dan politik yang beradab,” ungkapnya.

Moeldoko: Kalau Diorbitkan jadi Capres 2024 ya Alhamdulillah

Herzaky melanjutkan, seluruh kader Demokrat baik itu di DPD dan DPC solid dengan menginginkan AHY tetap menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.

“Seluruh DPD dan DPC, tanpa kecuali menegaskan loyalitas dan kesetiaan mereka pada Ketua Umum AHY serta kepengurusan DPP hasil kongres yang sah di tahun 2020. Jadi, tidak ada persoalan atau perpecahan internal sebagaimana yang disorot sejumlah media,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini: