Daftar Pemenang 13 Kategori Penghargaan DAFA Award Tahun 2020

Daftar Pemenang 13 Kategori Penghargaan DAFA Award Tahun 2020

Terbaiknews - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan acara Penganugerahan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020Selasa (25/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

, JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan acara Penganugerahan Data Forum Anak (DAFA) Award 2020, Selasa (25/8/2020).

Sebanyak 343 forum anak yang mewakili provinsi kabupaten/kota dan kecamatan serta desa maupun kelurahan mengikuti acara yang diselenggarakan secara virtual ini.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA, Lenny N Rosalin mengatakan forum anak semakin berkembang di Indonesia.

Kapasitas forum anak harus selalu dikembangkan karena forum anak selain sebagai pelopor juga sebagai pelapor yang berkaitan dengan isu perlindungan anak.

"Anak memiliki peran dalam proses pembangunan di daerahnya masing-masing. Ini sangat menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan," kata Lenny saat membuka acara.

Penganugerahan tahun ini dikatakan Lenny mundur dari kegiatan yang biasanya dijadwalkan bertepatan dengan hari Anak Nasional tanggal 23 Juli untuk menghindari penyebaran wabah Covid-19.

Daftar Pemenang 13 Kategori Penghargaan DAFA Award Tahun 2020
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga. (Istimewa)

Pendataan yang sistematis dilakukan Kemen PPPA untuk memantau perkembangan forum anak di setiap daerah.

Tujuan DAFA Award adalah melakukan pendataan profil forum anak beserta seluruh kegiatan yang telah dilakukan untuk mengetahui keaktifan forum anak di setiap daerah.

"Ini merupakan bentuk apresiasi kepada forum anak yang aktif, reaktif dan dalam menjalankan peran sebagai pelopor dan pelapor," kata Lenny.