Daftar Gunung Berapi di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga 

Daftar Gunung Berapi di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga 

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Sejak 5 November 2020Badan Geologi menetapkan status Gunung Merapi naik...

Jakarta, IDN Times - Sejak 5 November 2020, Badan Geologi menetapkan status Gunung Merapi naik menjadi level III atau Siaga. Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (PPTKG) menyampaikan, telah terjadi 60 guguran gempa Merapi pada periode pengamatan Selasa 17 November 2020.

Dengan aktivitas Gunung Merapi tersebut, beberapa wilayah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah bersiap untuk mitigasi bencana erupsi. BPPTKG juga mengimbau agar beberapa kegiatan di kawasan rawan bencana (KRB) II dihentikan.

Namun, tahukah kamu bahwa selain Gunung Merapi, ada dua gunung berapi lain di Indonesia yang juga berstatus level III atau Siaga. Berikut penjelasannya.

1. Selain Merapi, Gunung Sinabung dan Karangetang juga berstatus Siaga

Daftar Gunung Berapi di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga Erupsi Gunung Sinabung (Dok. KESDM, Badan Geologi, PVMBG)

Seperti dikutip dari laman web Magma Indonesia, Rabu (18/11/2020) pukul 14.03 WIB, tercatat tiga gunung berapi yang berstatus level III atau Siaga, yaitu Gunung Sinabung, Gunung Merapi, dan Gunung Karangetang.

GunungSinabung terletak di Karo, Sumatra Utara. Gunung tersebut memiliki ketinggian 2.469 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sedangkan Gunung Karangetang berada di Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Gunung itu memiliki ketinggian 1.784 mdpl.

Level III atau Siaga yaitu terjadi peningkatan aktivitas vulkanik secara signifikan. Bahkan, letusan kemungkinan besar terjadi. Area potensi bahaya letusan berada di daerah KRB III. Untuk itu, masyarakat dilarang melakukan kegiatan di area tersebut.

2. Ada 18 gunung berapi yang berstatus level II atau Waspada

Daftar Gunung Berapi di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga Foto suasana pemandangan Gunung Merapi dengan deretan permukiman warga lereng gunung tersebut terlihat dari kawasan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Daftar gunung berapi di Indonesia yang berstatus level II atau Waspada:

1. Gunung Marapi
2. Gunung Kerinci
3. Gunung Anak Krakatau
4. Gunung Semeru
5. Gunung Bromo
6. Gunung Raung
7. Gunung Agung
8. Gunung Rinjani
9. Gunung Sangeangapi
10. Gunung Rokatenda
11. Gunung Ili Lewotolok
12. Gunung Banda Api
13. Gunung Gamalama
14. Gunung Ibu
15. Gunung Dukono
16. Gunung Gamkonora
17. Gunung Soputan
18. Gunung Lokon

Level II atau Waspada yaitu gunung berapi mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang bisa diamati secara jelas baik visual maupun kegempaan. Ancaman letusan melingkupi area KRB III, sehingga masyarakat dilarang melakukan kegiatan di wilayah tersebut.

3. Mitigasi bencana Merapi dilakukan dengan protokol kesehatan COVID-19

Daftar Gunung Berapi di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Situasi mitigiasi bencana Merapi kali ini berbeda dari sebelumnya. Sebab, saat ini dilakukan saat pandemik COVID-19 melanda Indonesia dan dunia. Beberapa prosedur protokol kesehatan pun dilakukan untuk memastikan warga tetap aman dari infeksi virus.

Misalnya saja, ratusan pengungsi dari kelompok rentan di Desa Banyurojo Kabupaten Magelang saat ini diwajibkan mengikuti rangkaian rapid test. Hasilnya, menurut penuturan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, kini terdapat 274 pengungsi yang dinyatakan nonreaktif.

"Kita lakukan rapid test untuk kelompok rentan. Rapid test ini untuk pemetaan seluruh keberadaan para pengungsi, ada berapa yang reaktif. Dan setelah dirapid, sebanyak 274 pengungsi di Banyurojo Magelang, gak ada yang reaktif," kata Yulianto dalam rekaman suara yang didapat IDN Times, Selasa (17/11/2020).