China Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Masyarakat Umum

China Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Masyarakat Umum

Terbaiknews - KOMPAS.com - Sinovac Biotech pada Sabtu (6/2/2021) mengatakanvaksin Covid-19 produksinya secara...

KOMPAS.com - Sinovac Biotech pada Sabtu (6/2/2021) mengatakan, vaksin Covid-19 produksinya secara resmi telah disetujui oleh regulator produk medis China untuk digunakan masyarakat umum.

Ini menjadikannya sebagai vaksin Covid-19 kedua yang diberi lampu hijau untuk penggunaan publik di China, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/2/2021).

Sebelumnya, vaksin buatan lembaga Beijing yang bekerja sama dengan China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) telah disetujui lebih dulu pada Desember 2020.

Sebelum persetujuan tersebut, kedua vaksin itu telah digunakan dalam program vaksinasi China untuk menargetkan kelompok-kelompok utama yang dianggap berisiko lebih tinggi terkena virus.

Dalam siaran persnya, Sionavac menyebut Indonesia, Turki, Brasil, Chili, Kolombia, Uruguay, dan Laos telah memberikan otorisasi penggunaan darurat.

Melihat Efektivitas Vaksin Covid-19 yang Telah Diumumkan, dari Pfizer-BioNTech hingga Sinovac

Menjanjikan untuk lansia

Beberapa waktu lalu, Sinovac telah merilis data uji klinis fase I dan II pada orang dewasa sehat berusia 60 tahun ke atas.

Hasilnya, vaksin Sinovac aman dan stabil pada orang dewasa yang lebih tua, dikutip dari Global Times, Kamis (4/2/2021).

Uji klinis fase I dan II melibatkan 422 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas di Kota Renqui, China antara Mei dan Juni 2020.

Kemanjuran vaksin biasanya berkurang pada orang dewasa yang lebih tua karena sistem kekebalan mereka yang gagal, tetapi temuan menunjukkan vaksin Sinovac ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan imunogenik pada orang dewasa sehar berusia 60 tahun ke atas.

Selain itu, respons antibodi terhadap virus juga tidak berkurang pada kelompok kunci ini.

Simak, Berikut Tingkat Efikasi 7 Vaksin Covid-19

Berita dengan kategori