Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Sarankan Nonton Drakor Saja di Rumah?

Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Sarankan Nonton Drakor Saja di Rumah?

Terbaiknews - Benarkah Presiden Jokowi imbau masyarakat untuk jangan keluar rumah dan kalau bosan nonton drama korea saja?

Beredar kabar bahwa di tengah imbauan tak boleh keluar rumah, Presiden Jokowi menyarankan masyarakat untuk menonton drama korea saja jika dilanda bosan.

Kabar tersebut berasal dari sebuah foto tangkapan layar dari siaran berita CNN Indonesia yang menampilkan Presiden Jokowi sedang menjawab pertanyaan wartawan.

Headline dari tangkapan layar berita tersebut bertuliskan "Jangan Keluar Rumah, Kalau Bosan Nonton Drakor Saja."

Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Sarankan Nonton Drakor Saja di Rumah?
Cek fakta: Jokowi mengatakan "Jangan Keluar Rumah, Kalau Bosan Nonton Drakor Saja". (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Dari penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringanSuara.com, foto tersebut adalah hasil suntingan yang sebelumnya merupakan tampilan layar berita berjudul "Presiden Jokowi Turut Berbela Sungkawa Terkait Gempa Tsunami di Sulteng".

Berita tersebut ditayangkan pada akun YouTube CNN Indonesia pada 28 September 2018 lalu.

"Presiden Joko Widodo menyampaikan bela sungkawa, kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Dalam konferensi pers yang dilakukan di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Presiden Jokowi mengaku telah memberi perintah kepada Menko Polhukam, Wiranto, untuk mengoordinasikan upaya tanggap darurat penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah,” tulis akun You Tube CNN Indonesia, 28 September 2018.

Cek Fakta: Benarkah Presiden Jokowi Sarankan Nonton Drakor Saja di Rumah?
Cek fakta: Jokowi mengatakan "Jangan Keluar Rumah, Kalau Bosan Nonton Drakor Saja". (YouTube/CNN Indonesia)

Diketahui bahwa Presiden Jokowi mengeluarkan imbauan agar masyarakat menerapkan social distancing dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

"Yang paling penting social distancing adalah bagaimana kita menjaga jarak. Dengan kondisi itu kita kerja dari rumah, belajar dari rumah. dan ibadah di rumah," kata Presiden Jokowi, Minggu (15/3/2020)

Kesimpulan

Kabar Presiden Jokowi memberi arahan "Jangan Keluar Rumah, Kalau Bosan Nonton Drakor Saja" termasuk dalam kategori misinformasi atau disinformasi.

Foto hasil editan ini juga termasuk sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

Artinya, informasi dari gambar tersebut dimanipulasi dan digunakan untuk mengecoh atau menipu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]