Cara Tiara Andini dalam Mengekspresikan Lagu yang Dinyanyikan

Cara Tiara Andini dalam Mengekspresikan Lagu yang Dinyanyikan

Terbaiknews - JawaPos.com — Meskipun bukan aktorseorang penyanyi dituntut berakting saat menyanyikan lagu....

JawaPos.com — Meskipun bukan aktor, seorang penyanyi dituntut berakting saat menyanyikan lagu. Mereka harus bisa mengekspresikan apa yang sedang dinyanyikan. Dalam hal ini, penyanyi Tiara Andini dipuji musisi senior Yovie Widianto sebagai salah satu penyanyi yang pintar mengekspresikan lagu yang ia lantunkan.

Tiara Andini mengatakan, dalam mengekspresikan lagu yang dinyanyikannya, dia memiliki cara yang sebetulnya cukup umum dilakukan para penyanyi lain. Penyanyi jebolan Indonesian Idol 2020 itu harus tahu cerita dari lagu ini dan berusaha memahami liriknya.

“Kita tahu ceritanya apa, dalami liriknya, semuanya. Ya sudah, kita berperan di lagu itu,” ujar Tiara Andini dalam jumpa pers virtual belum lama ini.

Penyanyi asal Jember, Jawa Timur itu mengakui tidak semua lagu yang dia nyanyikan pernah dialaminya secara langsung di kehidupan nyata. Namun karena memahami cerita dan lirik lagu dengan baik, Tiara seolah-olah sedang mengalaminya ketika menyanyikan lagu di atas panggung.

“Kita sebagai penyanyi harus pintar-pintar kasih nyawa pada lagu itu. Mau ceritanya kita pernah alami atau nggak,” tuturnya.

Sementara itu, Yovie Widianto mengatakan bahwa teknik memang sangat diperlukan bagi seorang penyanyi guna membantu mengekspresikan dengan baik lagu yang sedang dibawakan. Namun Yovie menilai ada orang yang memiliki bakat alami yang mampu mengekspresikan sebuah lagu dengan sangat baik.

“Teknik itu modal yang baik sebenarnya untuk membantu mengekspresikan. Tapi bagaimana mengekspresikannya, tidak semua orang punya bakat alami. Dengan pas dan bernyawa,” ujar Yovie.

Dia mengaku kerap meminta kepada setiap penyanyi khsususnya Arsy Widianto untuk memahami teknik dengan baik. Karena hal itu modal penting bagi seorang penyanyi.“Teknik itu diperlukan untuk terus meningkatkan kualitas. Teknik itu membantu untuk mengekspresikan,” tandasnya.