Calon Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit Masih Diproses Wanjakti

Calon Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit Masih Diproses Wanjakti

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan...

Jakarta, IDN Times - Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan penunjukkan calon Kepala Bareskrim Polri masih dibahas Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Posisi Kabareskrim itu kosong sejak sepekan terhitung sejak Sigit dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri pada Rabu (27/1/2021).

“Saat ini masih dalam proses di Wanjakti. kita tunggu saja karena itu kewenangan dari Wanjakti dan Kapolri yang menunjuk Kabareskrim,” kata Ahmad di Mabes Polri, Rabu (3/2/2021).

1. Tiga kapolda berpeluang menggantikan Listyo Sigit

Calon Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit Masih Diproses WanjaktiKepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi ada tiga kapolda yang berpeluang menggantikan Jendral Pol Listyo Sigit.

“Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Alfinta (Kapolda Jatim), Irjen Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Adhinigrat (Wakabareskrim),” kata Neta lewat keterangan tertulis IPW, Senin (25/1/2021).

2. Irjen Luki berpeluang menempati posisi Sestama Lemhanas

Calon Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit Masih Diproses WanjaktiKabareskrim Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Neta juga menjelaskan, selain posisi Kabareskrim yang kosong, posisi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhanas) juga berpeluang ditempati empat calon yang disebut IPW.

Sebelumnya, Sestama Lemhanas ditinggalkan Komjen Didid Widjanardi yang sudah pensiun sejak 14 Januari lalu. Didid yang merupakan kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu menjabat Sestama Lemhanas sejak 3 Maret 2020.

“Posisi Sestama Lemhanas, sepertinya bakal ada Komjen dari Mabes Polri yang digeser untuk menjadi Sestama Lemhanas. Selain itu Irjen Luki (Wakalemdikpol) juga disebut sebut akan bergeser ke Sestama Lemhanas atau ke posisi lain,” ujarnya.

Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode.

3. Listyo dilantik Jokowi jadi Kapolri

Calon Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit Masih Diproses WanjaktiKabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam Konferensi Pers Penetapan Brigjen Pol. Prasetijo Utomo sebagai Tersangka (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo resmi melantik Jendral Pol Listyo Sigit sebagai Kapolri menggantikan Idham Azis. Listyo dilantik pada Rabu (27/1/2021) di Istana Negara Jakarta Pusat.

Listyo pun naik pangkat dari komisaris jenderal menjadi jenderal. Kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7/Polri/2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi Polri.

Pelantikan Listyo berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/Polri/Tahun 2021 tentang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Proses pembacaan sumpah jabatan Listyo langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Demi Tuhan YME, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Listyo mengikuti Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menunjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menujungkan tinggi Tri Brata," lanjutnya.

Berita dengan kategori