BREAKING NEWS Kejagung Tetapkan Dua Tersangka Jiwasraya dengan Pasal TPPU

BREAKING NEWS Kejagung Tetapkan Dua Tersangka Jiwasraya dengan Pasal TPPU

Terbaiknews - Jaksa Agung ST Burhanuddin didampingi oleh Dirdik pada Jampidsus Kejagung Febri Adriansyah di Kompleks Kejaksaan Agung RIJakartaJumat (7/2/2020). 

, JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan dua tersangka kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yakni Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro (BT) dan Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat (HH) dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Penyidikan (Dirdik) pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Febri Adriansyah.

"TPPU sementara penetapan ada dua tersangka. Yang satu BT, yang satu HH. Sementara itu ya," ujar Febri, di Kompleks Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Febri mengatakan pihaknya sudah memeriksa delapan saksi. Dari pemeriksaan tersebut, penyidik mendapati adanya dugaan TPPU terhadap tersangka BT dan tersangka HH.

Dengan ini, kata dia, penyidik tidak hanya menjerat dua tersangka tersebut dengan UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"TPPU hingga saat sudah kita periksa ada sekitar delapan orang. Tetapi sebelumnya tentunya saksi yang sudah diperiksa terkait tindak pidana korupsi sudah ada mengarah kesana sudah berlaku," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Agung RI menetapkan satu tersangka baru dalam kasus korupsi di tubuh PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Kamis (6/2/2020). Dia adalah Joko Hartomo Tirto selaku Direktur PT Maxima Integra.

Joko Tirto ditetapkan tersangka usai diperiksa selama lebih dari 10 jam di Gedung Bundar, Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Usai keluar gedung pemeriksaan sekira pukul 20.45 WIB, Joko tampak mengenakan rompi merah jambu dengan tangan diborgol.

Saat keluar gedung pemeriksaan, ia juga tampak menutupi mukanya dengan map karton berwarna merah tua. Joko juga tampak enggan meladeni pertanyaan awak media dan memilih berlalu dan menaiki mobil tahanan.

Kepada awak media, Kepala pusat penerangan hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Hari Setiyono membenarkan penetapan tersangka Joko sebagai tersangka.