BPOM Makassar Awasi Pendistribusian Vaksin Covid-19

BPOM Makassar Awasi Pendistribusian Vaksin Covid-19

Terbaiknews - Petugas BBPOM Makassar memeriksa vaksin Covid-19 sebelum disimpan di lemari pendingin di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten GowaSelasa (12/1). (Darwin Fatir/Antara)

–Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Makassar turun langsung mengawasi proses distribusi vaksin Covid-19 produksi Sinovac, ke tiga daerah di Provinsi Sulawesi Selatan.

”Tim ikut bersama Dinas Kesehatan saat mendistribusikan vaksin itu. Intinya memastikan kondisi sarana dan prasarana penyimpanannya, seusai dengan yang ditentukan,” kata Plh Kepala Balai Besar BPOM Makassar Ahmad Yani seperti dilansir dari Antara Selasa (12/1).

Menurut dia, pengawasan sekaligus pengantaran vaksin itu guna memastikan kondisi lemari pendingin usai didistribusikan apakah aman di tempat penyimpanan. Sebab, itu menjadi hal utama. Meski vaksin steril pada suhu antara 8–65 derajat celcius, namun pengawasan tetap dilakukan agar proses vaksinasi Covid-19 secara serentak pada 14 Januari berjalan lancar.

Selain itu, informasi perkembangan terbaru dari Dinas Kesehatan setempat tetap dimonitor, secara berkala termasuk tempat penyimpanan di 24 kabupaten kota se Sulsel.

”Sebenarnya Dinkes sudah siap setiap saat mengelola vaksin. Bukan hanya vaksin ini tapi sepanjang tahun ada juga vaksin reguler,” tutur Ahmad Yani.

Untuk pengawasan BPOM, kata dia, sejak vaksin tersebut tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, sampai di gudang farmasi Dinkes Sulsel hingga pendistribusian terus terpantau.

”Kami selalu memantau kondisinya, tentu tidak 24 jam di situ, kan ada petugasnya memeriksa secara berkala, bagaimana kondisinya. Jangan sampai terjadi perubahan suhu yang drastis bisa memengaruhi efektivitas vaksin itu,” papar Ahmad Yani.

Sebelumnya, Dinkes Sulsel mulai distribusikan vaksin Covid-19 pada tiga daerah sebagai tahap awal.

”Hari ini (12/1), kita sudah siapkan tiga kabupaten kota. Yakni Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Maros. Kita bersama-sama distribusikan yang sudah siap di tiga daerah itu,” tutur Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 Nurul A.R.

Pendistribusian vaksin tersebut, kata dia, tidak langsung semuanya, tapi secara berangsur-angsur sesuai dengan tempat penyimpanan.
“Untuk Kota Makassar serta Kabupaten Maros sementara baru 3.000 vial dan Kabupaten Gowa 4.000 vial. Sementara baru 7.000 vial didistribusikan. Kita lihat kesiapan penyimpanan baru didistribusikan sisanya,” ujar Nurul.

Saksikan video menarik berikut ini: