Bogor Berlakukan Ganjil Genap, Ini Aturan Mainnya

Bogor Berlakukan Ganjil Genap, Ini Aturan Mainnya

Terbaiknews - ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melintas di lampu merah Simpang GadogKabupaten BogorJawa BaratJumat (25/12/2020). Arus lalu lintas di jalur wisata Puncak normal saat libur Natal. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

– Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat memberlakukan kebijakan ganjil genap pada akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu bagi kendaraan bermotor. Kebijakan ini dimulai pada 6 Februari 2021, hingga dua pekan ke depan. Kebijakan ini diambil untuk menekan mobilitas warga selama pandemi Covid-19.

“Forkopimda sepakat untuk diberlakukan kebijakan ganjil genap di Kota Bogor untuk hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama 14 hari ke depan,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya.

Kebijakan ganjil genap ini hampir serupa dengan yang diterapkan di DKI Jakarta. Yakni kendaraan yang dapat melintas harus mengikuti angka terakhir di plat nomor kendaraan dengan tanggal pada hari tersebut. Kendaraan dengan nomor kendaraan ganjil maka hanya diizinkan melintas dintanggal ganjil, begitu pula dengan kendaraan plat nomor genap hanya melintas di tanggal genap.

Kebijakan ini berlaku untuk kendaraan dengan plat nomor Bogor maupun luar Bogor. Selain itu, kebijakan ini juga untuk seluruh kendaraan roda empat dan roda dua.

Adapun beberapa kategori yang dibebaskan dari ganjil genap ini yautu, angkutan umum, angkutan kota (angkot), taksi online, ojel online, kendaraan ekpedisi barang, pengangkut sembako, ambulans, mobil jenazah, kendaraan dinas pemerintah, hingga mobil pemadam kebakaran.

Satlantas Polresta Bogor nantinya akan membuat lokasi check point. Kendaraan yang melintas tidak sesuai aturan ganjil genap, maka akan diputar balikan, atau diminta tidak memasuki wilayah Kota Bogor.

Adapun lokasi check point yakni ditempatkan di Simpang Bubulak, Simpang Ciawi, Simpang BORR, Simpang Pomad, Simpang Yasmin, Simpang RSUD, Simpang Terminal Barangsiang, Simpang Batutulis, Simpang Air Mancur, Simpang Empang, dan Simpang Gunung Batu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori