BNPT Masih Verifikasi Data WNI Eks Kombatan ISIS

BNPT Masih Verifikasi Data WNI Eks Kombatan ISIS

Terbaiknews - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)Komjen Pol Suhardi Alius. (Dok. JawaPos.com)

JawaPos.com – Nasib 660 Warga Negara Indonesia (WNI) eks kombatan ISIS masih tak jelas. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bahkan belum memiliki data baku kebenaran identitas mereka. Sejauh ini informasi yang masuk baru sebatas bersumber dari intelijen.

Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan, saat ini Satgas Foreign Teroris Fighter (FTF) masih berupaya melakukan verifikasi terhadap identitas seluruhnya. Hal ini guna memastikan kebenaran mereka apakah seluruhnya benar WNI atau bukan.

“Ada kurang lebih 600, pengakuannya WNI. Itu masih belum diverifikasi. Itu yang kami laporkan kepada Bapak Menko Polhukam,” kata Suhardi di kantor BNPT, Jakarta Pusat, Jumat (7/2).

Oleh karena itu, pemerintah sampai saat ini belum memutuskan akan menjemput mereka untuk dipulangkan ke tanah air atau tidak. “Kami luruskan, saya ulang sekali lagi, ini belum ada keputusan,” imbuhnya.

Penyandang bintang 3 polri itu menjelaskan, dari data yang diterima oleh BNPT belum bisa menguatkan jika 660 orang ini seluruhnya WNI. Karena data dari intelijen tidak semuanya dibubuhi foto. Baru sebatas nama, itu pun masih ditemukan sejumlah nama samaran.

“Yang ada fotonya sekitar 100an, sisanya ada yang cuma nama, ada yang masih ada aliasnya juga,” ucap Suhardi.

Kendati demikian, dari total 660 orang tersebut, BNPT baru bisa memastikan mayoritas terdiri dari perempuan dan anak-anak. Namun, dia belum merinci jumlahnya.

“Jadi, yang 600 lebih itu kami dapatkan adalah mayoritas perempuan dan anak-anak,” pungkas Suhardi.