BMKG Peringatan Dini Kamis, 17 September 2020: Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah

BMKG Peringatan Dini Kamis, 17 September 2020: Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah

Terbaiknews - Ilustrasi prakiraan cuaca. 

- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Indonesia pada Kamis, 17 September 2020.

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang.

Wilayah Jambi dan Bengkulu berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir.

Sementara itu, Riau diperkirakan terjadi hujan hingga disertai angin kencang, kilat/petir.

Kemudian, wilayah Jawa Barat dan Banten berpotensi terjadi angin kencang.

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Rabu (16/9/2020), terdapat Tropical Storm NOUL terpantau di perairan Barat Filipina dengan tekanan di pusat sistem 1000 hPa dan kecepatan angin 18m/s bergerak ke arah Barat dan membentuk low level jet/peningkatan kecepatan angin akibat induksi dari sistem TS NOUL yaitu dari Laut Natuna bagian Timur hingga Laut Cina Selatan bagian Selatan.

Adanya Tropical Storm NOUL ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Kemudian, terdapat daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Sumatera Barat hingga Selat Malaka, di Jawa Timur, di perairan Selatan NTT, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Maluku, dan dari Papua hingga perairan Utara Halmahera.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Kamis (17/9/2020).

Daftar wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir: