Besok 238 WNI dari Wuhan yang Dikarantina di Natuna Akan Dipulangkan

Besok 238 WNI dari Wuhan yang Dikarantina di Natuna Akan Dipulangkan

Terbaiknews - KOMPAS.com - Setelah mulai menjalani masa observasi di Pulau Natuna sejak 2 Februari 2020238 WNI...

KOMPAS.com - Setelah mulai menjalani masa observasi di Pulau Natuna sejak 2 Februari 2020, 238 WNI yang dievakuasi dari China akan segera pulang ke kampung halaman mereka masing-masing.

Mereka akan diterbangkan keluar dari Natuna pada Sabtu (15/2/2020) menuju Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Informasi ini berdasarkan keterangan yang disampaikanKepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan, Busroni, saat dimintai keterangan, Jumat (14/2/2020).

"Saat ini (pemulangan WNI dari Natuna) terjadwal besok (15/2/2020). Jam pastinya belum (belum diketahui). Pakai maskapai yang sama seperti kemarin," terang Busroni saat dihubungi Kompas.com.

Para WNI tersebut rencananya akan diterbangkan menuju Halim Perdan Kusuma sebelum selanjutnya dipulangkan ke daerah masing-masing.

"Di Halim, jadi yang jemput ada dari pihak BNPB lalu Pak Menteri Kesehatan," jelasnya.

Adapun untuk masalah pembiayaan penerbangan menuju Jakarta sepenuhnya akan ditanggung menggunakan biaya negara. Namun, belum diketahui apakah biaya akomodasi selanjutnya juga akan ditanggung.

"Dari sana (Natuna) ke Halim dibiayai sama negara," ujar Busroni.

Jokowi Pastikan WNI di Natuna Sehat dan Siap Kembali ke Keluarga

Dikonfirmasi hingga hari ini, semua WNI yang menjalani observasi di Natuna dalam keadaan sehat dan siap untuk mengakhiri masa observasi yang sudah dijalani hampir 2 pekan.

"Enggak ada (yang sakit), enggak ada. Semuanya sehat. Semua bermain, semua ceria, dan semua happy," terangnya.