Bentuk Peperangan Makin Tak Dapat Diprediksi, TNI AU Bentuk Satuan Siber

Bentuk Peperangan Makin Tak Dapat Diprediksi, TNI AU Bentuk Satuan Siber

Terbaiknews - - TNI Angkatan Udara (AU) kini memiliki satuan siber yang bernama Satuan Siber (Satsiber) Dinas...

, - TNI Angkatan Udara (AU) kini memiliki satuan siber yang bernama Satuan Siber (Satsiber) Dinas Pengamanan dan Persandian Angkatan Udara (Dispamsanau).

Pembentukan satuan ini diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Gedung I G Dewanto Denma, Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/9/2020).

Fadjar menjelaskan, pembentukan satuan ini sebagai upaya mengantisipasi segala bentuk ancaman dan peperangan yang semakin tak bisa diprediksi.

TNI Luncurkan Satuan Siber untuk Atasi Ancaman Teknologi Informasi

"Karakter ancaman dan bentuk peperangan yang semakin tidak bisa diprediksi, menjadi tantangan tersendiri bagi militer di seluruh dunia, termasuk Indonesia khususnya TNI AU, hal ini lah yang menjadi pendorong pembentukan satuan siber agar mampu menangani permasalahan ini," ujar Fadjar, dalam keterangan tertulis, Rabu (16/9/2020).

Satuan Siber Dispamsanau merupakan salah satu upaya TNI AU untuk mencegah, menanggulangi, memulihkan, dan menindak serangan siber terhadap infrastruktur AU.

Fadjar mengatakan, kemajuan teknologi memberi banyak kemudahan serta mengubah cara hidup manusia dalam menangani suatu permasalahan.

BSSN Catat Adanya 88,4 Juta Serangan Siber Selama Pandemi Corona

Begitu juga dengan internet yang berevolusi menjadi salah satu domain dan dapat digunakan sebagai sarana pertempuran.

Dengan kondisi ini, Fadjar menekankan agar setiap personel Satsiber dapat menjadikan tugas sebagai sebuah kehormatan.

"Spektrum ancaman dan bentuk peperangan masa depan akan terdisrupsi secara ekstrem oleh teknologi yang belum pernah terjadi sebelumnya (unprecedented technology). Salah satunya adalah kemampuan siber," kata Fadjar.