Benarkah Orang dengan Golongan Darah O Jarang Sakit?

Benarkah Orang dengan Golongan Darah O Jarang Sakit?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Sebuah unggahan di Tiktok menginformasikan bahwa orang yang memiliki golongan darah O...

KOMPAS.com - Sebuah unggahan di Tiktok menginformasikan bahwa orang yang memiliki golongan darah O disebut lebih jarang mengalami sakit, dibanding orang dengan golongandarah yang lain.

Namun, kata unggahan itu, mereka yang bergolongan darah O akan mengalami kondisi sakit yang parah ketika sekali jatuh sakit.

Informasi itu dimuat dalam sebuah video TikTok yang diunggah akun @yinaverany dan diunggah ulang di Instagram @tante_rempong_offficial pada 23 Januari 2021.

"Mau tau ga rasanya jarang sakit dn sekalinya sakit lgsg yg parah gt?Tanya aj sama gol darah O," demikian teks dalam video.

Lalu, di kolom komentar ada banyak respons dari netizen yang membenarkan pernyataan itu berdasarkan pengalaman pribadi yang mereka miliki.

"Iyaa bener ga pernah sakit, badan panas aja ga pernah, sekalinya sakit langsung operasi usus buntu," kata salah satu akun.

Komentar hampir sama juga disampaikan oleh akun-akun yang lain.

Benarkah Nyamuk Lebih Tertarik pada Orang dengan Golongan Darah O?

Benarkah Orang dengan Golongan Darah O Jarang Sakit?Instagram Tangkapan layar Instagram yang memuat informasi pemilik golongan darah O disebut jarang sakit, hanya saja sekalinya sakit akan parah

Benarkah klaim itu?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi, Dr. dr. Cosphiadi Irawan, Sp.PD-KHOM mengatakan, klaim yang menyebutkan orang bergolongan darah O jarang mengalami sakit berdasarkan observasi di sejumlah bidang.

Salah satunya dari kasus-kasus Covid-19.

"Hal ini muncul dari hasil observasi pada pandemi Covid-19 di mana golongan darah A dan AB lebih tinggi derajat beratnya penyakit dan kemungkinan pemakaian ventilator mekanik, dibanding golongan darah O dan B," kata dokter Cosphiadi, yang praktik di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta.

Berita dengan kategori