Benarkah Musim Hujan Memicu Penularan COVID-19? Ini Penjelasannya

Benarkah Musim Hujan Memicu Penularan COVID-19? Ini Penjelasannya

Terbaiknews - MakassarIDN Times - Musim hujan sudah mulai dialami sejumlah wilayah di Indonesia. Selama ini,...

Makassar, IDN Times - Musim hujan sudah mulai dialami sejumlah wilayah di Indonesia. Selama ini, orang lebih rentan terserang influenza pada musim hujan. Apakah hal serupa juga berlaku untuk COVID-19?

EpidemiologUniversitas Hasanuddin Makassar, Ansariadi, menuturkan kekhawatiran bahwa hujan bisa meningkatkan penularan virus corona belum terbukti. Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai pengaruh cuaca dengan penyebaran COVID-19.

"COVID-19 ini berbeda dengan penyakit yang dipengaruhi oleh cuaca seperti nyamuk. Kalau tingkat penularan Corona tidak dipengaruhi langsung oleh cuaca," kata Ansariadi, Minggu (22/11/2020).

Namun, dia meminta warga tetap mewaspadai sejumlah hal pemicu penyebaran COVID-19 yang cenderung terjadi di musim hujan. Apa sajakah itu?

1. Bisa jadi penyebab tidak langsung, hujan bikin orang berkerumun

Benarkah Musim Hujan Memicu Penularan COVID-19? Ini PenjelasannyaIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Meski demikian, dia pun memperkirakan ada hubungan tidak langsung antara hujan dan potensi penyebaran COVID-19. Saat musim hujan atau banjir, kata Ansariadi, orang biasanya berkerumun.

"Tapi kalau cuaca mempengaruhi COVID-19, secara langsung tidak," ujar Ketua Tim Epidemiologi Satgas Penanganan Makassar tersebut.

2. Penularan COVID-19 dipengaruhi perilaku manusia

Benarkah Musim Hujan Memicu Penularan COVID-19? Ini PenjelasannyaIlustrasi physical distancing. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Dia juga mengatakan penularan COVID-19 terkait erat dengan perilaku manusia. Perilaku-perilaku yang bisa berpotensi menyebabkan penularan virus corona, sudah diatur dalam protokol kesehatan yang ditetapkan pemerinyaj.

"Seperti berkerumun atau berinteraksi tanpa alat proteksi seperti masker, tidak rajin mencuci tangan atau hand sanitizer. Jadi aktivitas itulah yang kemudian mempengaruhi peningkatan penularan," katanya.

3. Tingkatkan perilaku hidup bersih sehat saat musim hujan

Benarkah Musim Hujan Memicu Penularan COVID-19? Ini Penjelasannya(IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Muhammad Rusli, mengimbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan saat musim hujan.

"Yang paling utama adalah dengan memakai masker karena COVID-19 ditularkan melalui percikan droplet (cairan yang keluar dari mulut saat berbicara maupun bersin)," kata Rusli.

Dalam menyambut musim hujan ini, kata dia, masyarakat harus meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Sebab, hal ini diyakini mampu mencegah penularan COVID-19.

"Kalau hujan, intinya adalah tetap physical distancing, jangan kita berkumpul, jaga jarak, kemudian kembali lagi PHBS," katanya.