Baru 16,45 Persen Tenaga Kesehatan di Jatim Divaksin Covid-19

Baru 16,45 Persen Tenaga Kesehatan di Jatim Divaksin Covid-19

Terbaiknews - KomedianYouTuberdan Entertainer Bayu Moektito atau Bayu Skak mendapat vaksinasi Coavd-19 di kantor Gubernur Jawa Timur. (Rafika Yahya/JawaPos.com)

–Vaksinasi Covid-19 kedua didapatkan 21 perwakilan forkopimda, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di kantor Gubernur Jawa Timur pada Kamis (28/1).

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim Makhyan Jibril mengatakan, hingga saat ini, sudah 16,45 persen tenaga kesehatan, tokoh masyarakat, dan perwakilan masyarakat yang divaksin.

”Yang sudah divaksinasi di Jatim 16,45 persen. Sasaran 190.656 nakes dan tokoh masyarakat untuk vaksinasi pertama,” tutur Makhyan Jibril.

Hingga saat ini, vaksinasi sudah dilakukan pada 33 ribu nakes. Jibril mengakui, angka tersebut cenderung naik signifikan. Sebab, pengiriman vaksinasi ke 38 kabupaten kota di Jawa Timur sudah dilakukan sejak Rabu (27/1).

”Kemarin kirim 120 ribu vaksin ke 38 kabupaten kota di Jawa Timur. Target selesai nakes 21 Februari seperti arahan Menteri Kesehatan,” terang Makhyan Jibril.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestiano Dardak menjadi salah satu penerima vaksin. Dibandingkan vaksinasi pertama, Emil mengaku saat ini lebih rileks.

”Lebih rileks karena saya tensinya juga lebih rendah. Kemarin 133 sekarang 120. Saya mencoba lebih rileks di depan wartawan, akibatnya jadi lebih kerasa suntikannya. Kemarin nggakkerasa. Tadi agak kerasa sedikit. Efeknya sekarang ya standar pegel-pegel ngilu dan itu wajar,” ujar Emil.

Setelah mendapatkan vaksin, Emil dibawa ke ruang khusus untuk dilakukan observasi. Menurut dia, tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Hanya saja, sejak vaksinasi pertama, Emil mengaku suhu tubuhnya sempat tinggi.

”Saya jadi ngantuk beberapa hari setelah vaksinasi pertama. Mungkin karena antibodi kita lagi ditempa. Suhu saya pernah mendekati 37,8, memang agak hangat dari biasanya, tapi habis makan hilang,” tutur Emil.

Emil menambahkan, sebanyak 122 ribu dosis vaksin sudah dibawa ke Jawa Timur. Atas hal itu, dia berharap seluruh pihak mampu mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

”Kami target vaksinasi seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan selesai dalam waktu 15 bulan,” ucap Emil.

Saksikan video menarik berikut ini: