Banjir Semarang Tunda Tujuh Penerbangan dan Ganggu Perjalanan Kereta

Banjir Semarang Tunda Tujuh Penerbangan dan Ganggu Perjalanan Kereta

Terbaiknews - Suasana di terminal penumpang Bandara Internasional Ahmad YaniKota Semarangyang ditutup sementara akibat banjir. (Angkasa Pura I/Antara)

–Sebanyak tujuh jadwal penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, ditunda akibat banjir yang menggenangi di landasan pacu.

”Hingga saat ini, ada tujuh jadwal penerbangan yang ditunda dan satu penerbangan yang dialihkan ke Surabaya yakni Garuda Indonesia GA 232 rute Jakarta–Semarang,” kata Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Heri Trisno Wibowo seperti dilansir dari Antara di Semarang, Sabtu (6/2).

Penerbangan yang ditunda akibat cuaca buruk dan banjir di landasan pacu adalah Batik Air ID 6362 rute Jakarta–Semarang, Batik Air ID 6350 rute Jakarta–Semarang, Nam Air IN 195 rute Pangkalan Bun–Semarang. Kemudian Wings Air IW 1806 rute Semarang–Pangkalan Bun, Garuda Indonesia GA 235 rute Semarang–Jakarta, Batik Air ID 7369 rute Semarang–Jakarta, dan Nam Air IN 196 rute Semarang–Pangkalan Bun.

Heri juga menyampaikan, pihaknya memperpanjang penutupan sementara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani sampai cuaca dalam keadaan baik. Pihaknya juga melakukan penyedotan genangan air di landasan pacu.

”Pengecekan dan pembersihan area sisi udara dan terminal masih dilakukan oleh petugas,” ujar Heri Trisno Wibowo.

Penutupan sementara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani dilakukan menyusul adanya genangan air di landasan pacu setelah dilakukan pengecekan secara rutin atau inspeksi akibat cuaca buruk dan hujan deras sejak Jumat (5/2) malam. Saat ini, sedang dilakukan upaya pembersihan dan penyedotan genangan air di landasan pacu dengan mengoperasikan 54 unit pompa.

Sementara itu, Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah, terendam banjir. Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoromengatakan, banjir merendam Stasiun Tawang hingga jalan di depan stasiun.

”Ketinggian dihallstasiun sampai 70 cm,” terang Krisbiyantoro.

Akibat banjir tersebut, kata dia, fasilitas penumpang di Stasiun Tawang terganggu. Selain Stasiun Tawang, banjir juga menyebabkan perjalanan di Stasiun Poncol Semarang terganggu. Sehingga penumpang dialihkan dengan moda transportasi lain.

Penumpang KA Harina jurusan Bandung–Surabaya terpaksa diturunkan di Stasiun Poncol dan dialihkan dengan menggunakan bus ke Stasiun Brumbung. Adapun penumpang KA Maharani yang diturunkan di Stasiun Brumbung diangkut dengan menggunakan bus menuju Semarang.

”PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA tersebut,” tutur Krisbiyantoro.

Krisbiyantoromengatakan, setidaknya terdapat enam KA penumpang yang perjalanannya terganggu. Selain itu, terdapat 10 rangkaian KA barang yang terganggu perjalanannya akibat banjir tersebut.

Enam kereta penumpang yang perjalanannya terganggu adalah KA Argo Bromo Anggrek, KA Kaligung, KA Maharani, KA Kamandaka, KA Kedungsapur, dan KA Harina.

Dia menjelaskan PT KAI mengalihkan rute perjalanan KA yang terhambat banjir tersebut. KA Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta–Surabaya terpaksa dialihkan melalui lintas selatan. Selain itu, perjalanan penumpang juga dialihkan dengan menggunakan bus.

Saksikan video menarik ini:

Berita dengan kategori