Bamsoet Dorong Pemerintah Agar Sepeda Motor Bisa Gunakan Jalan Tol, Ini Alasannya

Bamsoet Dorong Pemerintah Agar Sepeda Motor Bisa Gunakan Jalan Tol, Ini Alasannya

Terbaiknews - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam acara Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RIdi Kompleks MPR/DPR/DPD RISenayanJakartaMinggu (23/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

, JAKARTA - Ketua MPR RIBambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah agar jalan tol dapat dinikmati juga pengendara sepeda motor atau bikers.

Menurut Bamsoet bikers adalah bagian dari pengguna jalan yang juga membayar pajak dan ikut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur.

"Harus kita ingat bahwa dalam setiap gumpalan aspal dan gumpalan asap yang keluar dari knalpot-knalpot ada tetesan yang penuh keringat para bikers atau pengendara roda dua. Maka sudah sepatutnya para pengendara roda dua mendapat hak-hak yang sama sebagai pengguna jalan," ujar Bamsoet, dalam acara Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RI, di Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (23/2/2020).

"Dalam rangka pemikiran tersebut, dari podium ini saya ingin merujuk mengenai penggunaan dan fasilitas penggunaan jalan tol bagi pengendara roda dua atau bikers," tambahnya.

Politikus Golkar tersebut mengatakan dasar legalitas dari usulannya sudah dipastikan, begitu pula syarat lainnya dijamin konstitusi khususnya soal persamaan hak setiap warga negara.

Menurutnya hal itu sesuai dengan ketentuan Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pada jalan tol dapat dilengkapi jalan tol khusus bagi kendaraan roda dua.

Baik secara fisik terpisah dari jalur tol yang diperuntukkan kendaraan roda empat atau lebih.

"Jadi kami menuntut hak yang sama (bagi para bikers) menggunakan jalan tol karena kita sama-sama membayar pajak," katanya.