Asosiasi Satpam Dukung Aturan Baru Soal Seragam Mirip Polri

Asosiasi Satpam Dukung Aturan Baru Soal Seragam Mirip Polri

Terbaiknews - Seragam Baru Satpam 

, JAKARTA - Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) mendukung aturan penggunaan pakaian dinas baru yang diterbitkan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

Ketua APSI Azis Said mengatakan pihaknya telah dilibatkan dalam proses penyusunan aturan baru tersebut oleh Koprs Bhayangkara.

Aturan seragam baru itu merupakan salah satu usulan dari APSI.

"Kita mendukung perpol nomor 4 tahun 2020 tersebut karena APSI juga dilibatkan dalam proses penyusunan perpol tersebut dan kita merasa senang dan bangga karena banyak usulan kita yang diakomodir dalam peraturan tersebut," kata Azis saat dihubungi, Rabu (16/9/2020).

Lebih lanjut, dia menambahkan nantinya tidak semua satpam akan menggunakan pakaian seperti seragam polri.

Hanya satpam yang bekerja di perkantoran saja yang akan menggunakan seragam tersebut.

"Satpam perumahan itu namanya Satkampling itu biru muda dan biru tua. Dan satpam yang di perkantoran seragamnya cokelat yang mirip polisi," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengubah aturan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Salah satu yang diubah adalah penggunaan seragam baru satpam.

Nantinya, terdapat 5 jenis pakaian dinas anggota satpam disertai dengan pangkatnya. Seragam satpam juga nantinya akan berwarna coklat menyerupai seragam korps Bhayangkara.

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Awi Setyono mengungkapkan alasan seragam satpam kali ini diatur menyerupai seragam kepolisian berwarna coklat.