Anies Tidak Marah Saat Diperiksa Polisi, Wagub: Beri Contoh yang Baik

Anies Tidak Marah Saat Diperiksa Polisi, Wagub: Beri Contoh yang Baik

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalani pemeriksaan terkait pelanggaran...

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalani pemeriksaan terkait pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, ketika menikahkan putrinya Syarifah Najwa Shihab yang dibarengi peringatan Maulid Nabi pada Sabtu, 14 November 2020. Anies diperiksa lebih dari 9 jam di Polda Metro Jaya, Selasa 17 November 2020.

Menurut Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, langkah Anies itumerupakan contoh yang baik.

"Pak Gubernur sudah memberi contoh yang baik dengan hadir, tidak kecewa, dan tidak marah, mengikuti semua proses," jelas Riza kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (18/11/2020).

1. Masyarakat diminta tidak berspekulasi

Anies Tidak Marah Saat Diperiksa Polisi, Wagub: Beri Contoh yang BaikRiza Patria (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Riza mengatakan, Anies beserta jajaran yang dipanggil seperti Kepala Biro Hukum, Kepala Satpol PP, camat hingga lurah telah mengklarifikasi sesuai data dan fakta yang terjadi di lokasi. Ia berharap, informasi tersebut bermanfaat bagi aparat dalam melakukan pemeriksaan.

"Saya yakin semua proses ini akan berjalan baik dan lancar. Jadi masyarakat diharapkan gak usah berspekulasi, kami hormati klarifikasi ini," jelas Riza.

2. Anies dicecar 33 pertanyaan selama 9,5 jam

Anies Tidak Marah Saat Diperiksa Polisi, Wagub: Beri Contoh yang BaikGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies Baswedan bersama sejumlah pihak terkait diperiksa selama 9,5 jam pada Selasa. Usai pemeriksaan, Anies mengaku dicecar 33 pertanyaan oleh penyidik.

"Ada 33 pertanyaan yang tadi disampaikan menjadi sebuah laporan sepanjang 23 halaman. Semuanya sudah dijawab sesuaifakta yang ada, tidak ditambah tidak dikurangi," kata Anies di Polda Metro Jaya.

"Adapun detail isi pertanyaan, klarifikasi dan lain-lain biar nanti menjadi bagian dari pihak Polda Metro Jaya untuk nanti meneruskan dan menyampaikan sesuai kebutuhan," kata dia lagi.

3. Klarifikasi untuk memastikan apakah ada tindak pidana

Anies Tidak Marah Saat Diperiksa Polisi, Wagub: Beri Contoh yang Baik(Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat) IDN Times/Gregorius Aryodamar

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, klarifikasi ini juga termasuk penyelidikan. Penyelidikan akan berlangsung dua hingga tiga hari ke depan.

"Ini adalah tahap lidik. Makanya, sifatnya undangan klarifikasi untuk menentukan ada atau tidak adanya pidana," ucap dia.