Anak-anak Disebut Bisa Rasakan Dampak Pandemi Selama Bertahun-tahun

Anak-anak Disebut Bisa Rasakan Dampak Pandemi Selama Bertahun-tahun

Terbaiknews - - Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoroanak-anak akan merasakan dampak pandemi Covid-19...

, - Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoroanak-anak akan merasakan dampak pandemi Covid-19 hingga bertahun-tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan Reisa dalam rangka hari anak nasional (HAN) 2020 yang jatuh pada Kamis (23/7/2020).

"Akses anak dengan disabilitas dan anak-anak di seluruh Indonesia akan terus merasakan dampak pandemiknya selama bertahun-tahun ke depan, seperti ujaran UNICEF Indonesia," ujar Reisa dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (23/7/2020).

Dampak yang dimaksud antara lain kemiskinan yang dialami keluarga karena kehilangan pekerjaan dan pendapatan secara mendadak disebabkan pandemi.

Wabah Covid-19 dan Masa Depan Indonesia

Kondisi tersebut, kata dia, dapat mengancam status gizi, pendidikan, dan perlindungan anak,

"Sekaligus dapat membuat ketimpangan yang sudah ada, terkait gender, dan ekonomi sehingga anak-anak akan terus merasakan dampaknya," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, agar pandemi Covid-19 tidak menyebabkan kerugian jangka panjang bagi anak Indonesia, setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan.

Pertama, mendukung keluarga untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, menyosialisakan panduan sarana pelayanan gizi esensial berkelanjutan untuk remaja, perempuan subur, ibu hamil dan menyusui, serta balita.

Ingin Wabah Covid-19 Berakhir, Warga di India Puja Dewi Corona

Misalnya berupa pengawasan dan dukungan pertumbuhan, pemberian suplemen, konseling gizi untuk ibu, konseling pemberian makan untuk bayi dan balita, pembagian biskuit berenergi tinggi, dan pengendalian untuk kasus kurus parah.

"Kedua, dukung anak agar tetap belajar, perluas opsi metode belajar dari rumah agar tersedia pula metode yang minim atau tanpa teknologi," kata dia.