Airlangga: Screening Covid-19 Tak Lagi Pakai Swab, Cukup Tes Antigen

Airlangga: Screening Covid-19 Tak Lagi Pakai Swab, Cukup Tes Antigen

Terbaiknews - PENDONOR: Ketua Umum PMI Jusuf Kalla berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai salah satu pendonor plasma konvaselen di markas PMIJakartakemarin (18/1). (ADE DANHURI/TIM MEDIA JK)

– Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyampaikan, rapid tes antigen segera bisa digunakan untuk screening Covid-19 menggantikan tes swab PCR. Ia menyebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini tengah membentuk Permenkes baru yang akan menjadi landasan penggunaan rapid tes antigen sebagai syarat screening Covid-19.

Selain itu, Permenkes tersebut juga akan mengatur soal vaksinasi gotong royong alias vaksinasi mandiri yang pengadaannya dilakukan oleh pihak swasta. “Di dalam Permenkes itu, yang terkait testing, itu akan masukkan rapid antigen,” ujar Airlangga dalam keterangan pers virtual, Rabu (3/2).

Airlangga mengungkapkan, alasan pemerintah menjadikan rapid tes antigen sebagai screening karena lebih terjangkau dari segi harganya di masyarakat dibandingkan tes swab PCR. “Karena ini dari segi biaya akan lebih rendah daripada PCR. Oleh karena itu, akan bisa digunakan untuk screening awal,” tuturnya.

Airlangga juga menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas meminta agar masyarakat tetap menggunakan masker sesuai standar kesehatan agar program 3 M bisa berjalan dengan efektif. “Pak Presiden sampaikan kunci pandemi Covid-19 ini ada di hulu, yaitu 3 M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” pungkasnya.

Berita dengan kategori