Ada Sentuhan Tangan Kang Emil di Mega Proyek Rebana

Ada Sentuhan Tangan Kang Emil di Mega Proyek Rebana

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan groundbreaking Subang...

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan groundbreaking Subang Smartpolitan hari ini (18/11). Ia mengaku ikut menyumbang desain arsitektur pada kota baru yang dibangun Surya Internusa tersebut. Kang Emil, sapaan akrabnya, berharapÂSubang Smartpolitan bisa membawa sumbangsih positif bagi aktivitas perekonomian di wilayah itu.

"Selamat atas groundbreaking yang luar biasa. Saya menyumbang sedikit desain landmark-nya mudah-mudahan itu bisa dibangun duluan. Supaya orang dari luar bisa datang rekreasi berwisata yang membuat orang penasaran, akhirnya orang datang berinvestasi, bertempat tinggal dan berekreasi di sana," katanya Rabu (18/11).

Demi menarik perhatian investor, Ia menyebut sudah ada beberapa akses yang dibangun, di antaranya adalah jalan tol dari akses Cimahi yang melewati Subang Smartpolitan. Selain itu, ada juga Pelabuhan Patimban sebagai pelabuhan tercanggih dan terbesar di Indonesia. Presiden Jokowi bakal meresmikannya bulan depan.


Kang Emil memproyeksikan Subang Smartpolitan bukan hanya menjadi tempat tinggal, namun juga lokasi bagi pertumbuhan ekonomi.

"Di masa depan, kita harus mendesain kota yang selalu memiliki 3 nilai, yaitu leave work and play. Tinggal di situ, kerja di situ, rekreasi di situ. Sudah terbukti jika kita hanya mendesain tempat kerja saja, tempat tinggal jauh terjadi commuting cost. Sebaliknya, kita hanya tempat bermukim saja tapi kerjanya masih di Jakarta," sebutnya.

Enggan kondisi itu terus berulang dan sudah banyak terjadi di kota-kota besar, Ia memproyeksikan kota baru ini bakal menjadi pusat dari beragam aktivitas. Apalagi, kawasan ini masuk ke dalam mega proyek Rebana Metropolitan.

"Hari ini bertepatan dengan dirilisnya Rebana Metropolitan. Ini adalah kawasan dengan 13 new town yang luar biasa. Kota pertama yang paling siap dari 13 yang direncanakan di Rebana Metropolitan adalah Subang Smartpolitan," sebutnya.

Tidak main-main, RK juga menargetkan bakal membuka 5 juta lapangan kerja dari proyek itu. Termasuk berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat.

"Mudah-mudahan 10-20 tahun lagi kita akan memanen apa yang di-groundbreaking kan hari ini," paparnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memiliki satu kota metropolitan yang terdiri dari 13 kota baru di kawasan Cirebon, Patimban, dan Majalengka (Rebana). Adanya kota metropolitan baru ini diharapkan bisa mendongkrak perekonomian Jawa Barat ke depannya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)