Abaikan Holyfield, Mike Tyson Pilih Lawan Mantan Juara Dunia 4 Kelas

Abaikan Holyfield, Mike Tyson Pilih Lawan Mantan Juara Dunia 4 Kelas

Terbaiknews - Evander Holyfield (kiri) dan Mike Tyson bertemu dalam acara Nevada Boxing Hall of Fame di New Tropicana Las Vegaspada Agustus 2014 silam. Mereka tidak jadi bertarung. (AFP Photo)

JawaPos.com – Rasa penasaran itu akhirnya terjawab. Setelah beberapa bulan belakangan membuat banyak orang kepo, Mike Tyson akhirnya mengumumkan rencana dia naik ring. Di usia 54 tahun, mantan bintang kelas berat itu bakal menggelar duel ekshibisi melawan Roy Jones Jr pada 12 September mendatang.

Ini akan menjadi pertandingan pertama Si Leher Beton –julukan Tyson– setelah 15 tahun pensiun dari arena tinju profesional. ’’AKU KEMBALI,’’ tulisnya di Twitter dan Instagram pribadinya kemarin.

Pengumuman itu sekaligus menepis prediksi banyak pihak terkait lawan yang akan dia hadapi. Sebelumnya, Evander Holyfield santer disebut-sebut sebagai calon lawannya.

Apalagi, Holyfield dan Tyson dua bulan terakhir sama-sama aktif di media sosial memamerkan kesibukan berlatih di gym.

Acara tersebut bakal dilaksanakan dalam format delapan ronde di Dignity Health Sports Park di Carson, California. Promotor acara ini adalah Triller, sebuah perusahaan multimedia asal Amerika Serikat.

Acara berlangsung tanpa penonton. Namun, acara bakal disiarkan secara pay per view dan streaming oleh Triller.

Sumber CNBC yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, Triller merogoh kocek sampai USD 50 juta (sekira Rp 730,7 miliar) untuk menguasai promosi dan hak siar acara tersebut secara eksklusif. Nantinya Triller juga merilis 10 serial dokumenter terkait duel dua legenda tersebut yang akan disiarkan dua kali dalam seminggu.

’’Event juga akan diisi dengan beberapa partai tambahan dan diselingi acara musik. Pengumuman lebih lanjut pada minggu depan,’’ ucap sumber itu. Salah satu partai tambahan yang sudah santer disebut-sebut akan digelar adalah duel antara mantan pemain NBA Nate Robinson melawan YouTuber Jake Paul.

Dalam wawancara dengan ESPN, Tyson menyebut dirinya kembali ke ring semata karena acara ini ditujukan untuk amal. Selain itu, dia mengaku merasa sanggup bertahan di atas ring meski sudah berusia 54 tahun.

Jones Jr, mantan juara dunia di empat kelas berbeda, saat ini berusia 51 tahun.

’’Jangan khawatir, kami berdua sama-sama petarung ulung. Kami tahu bagaimana menjaga diri di atas ring. Percayalah,’’ ucap Tyson.

Kevin Lole dari Yahoo! Sports menyebut Tyson dan Jones Jr telah melakukan rapat virtual dengan Komite Atlet California sebelum mendapat izin. Pada rapat itu, kedua petinju berkomitmen tidak akan berusaha untuk saling meng-KO-kan satu sama lain demi keselamatan mereka yang sudah sama-sama berusia setengah abad lebih.

Perjanjian itu membuat Andy Foster, executive officer Komite Atlet California, memberikan lampu hijau. Tapi, meski tanpa ada rencana saling bikin KO, duel dua petinju legendaris tersebut tetap tidak akan kehilangan daya tarik.