7 Temuan Evakuasi Sriwijaya Air, Puing hingga Baju Anak Kecil

7 Temuan Evakuasi Sriwijaya Air, Puing hingga Baju Anak Kecil

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Pencarian pesawat SriwijayaÂAir SJ182 pada Minggu kemarin...

Jakarta, CNBC Indonesia - Pencarian pesawat SriwijayaÂAir SJ182 pada Minggu kemarin (10/1/2021) mulai membuahkan hasil. Puing dan atribut korban kecelakaan pesawat Sriwijaya AirÂterus ditemukan.

Terbaru, KRI Tjiptadi dengan komandan Letkol Laut Ricky Intriadi menemukan 15 puing pesawat dan 5 potong pakaian hasil evakuasi.

"Kami menyerahkan 15 puing pesawat dan 5 potong pakaian yang berhasil ditemukan oleh tim penyelam gabungan dari Angkatan Laut," ujar Komandan Letkol Laut Ricky Intriadi yang merapat pukul 18.15 WIB mengutip keterangan tertulis Basarnas di Jakarta, Minggu (10/1/2021).


Selang 30 menit kemudian, merapat tim SAR dari KN Gelatik dari KPLP yang dipimpin Kapten Satriaji Yudha.

"Kami berhasil menemukan passenger seat dan body part korban yang masih mengenakan baju warna kuning di sekitar arah tenggara Pulau Untung Jawa" katanya.

Sekitar pukul 19.40 WIB, merapat lagi Rigid Inflatable Boat (RIB) 02 Banten yang dipimpin Margono, rescuer dari Kantor SAR Banten.

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu (9/1), pukul 14.40 WIB. Pesawat hilang kontak setelah 4 menit mengudara.

Situs FlightRadar24 menyebut pesawat itu kehilangan ketinggian 10.000 kaki dalam 1 menit. Pesawat tersebut mengangkut 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang (40 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi) serta 12 kru.

Berikut temuan dari evakuasi di hari kedua, Minggu:

1. Benda Mirip Roda-Nomor Tempat Duduk Sriwijaya Air

Tim gabungan dari Detasemen Jalamangkara (Denjaka) menemukan serpihan diduga pesawat Sriwijaya Air SJ182 di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Temuan itu berupa benda diduga mirip roda pesawat hingga nomor tempat duduk.

"Tepat pukul 09.30 WIB penemuan serpihan pesawat Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta Pontianak yang hilang kontak pada hari Sabtu tanggal 09 Januari 2021 tersebut berupa Plat besi berukuran panjang kurang lebih 3 meter di kedalaman 16 meter," dalam akun Instagram Marinir TNI AL, Minggu (10/1/2021). Informasi ini juga dibenarkan oleh Humas Marinir, dilansir Detiknews.

[Gambas:Instagram]


Penemuan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 itu disaksikan langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), Asop Dankormar Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Asop Danpasmar 1 Kolonel Danuri, dan Koorsmin Dankormar Letkol Marinir Bambang. Dari foto yang diterima detikcom, ada juga nomor tempat duduk 21 yang ditemukan petugas.

"Kemudian pada pukul 10.05 WIB ditemukan serpihan bodi pesawat, serpihan mesin pesawat, dan hidrolik kabin penumpang," sambungnya.

NEXT: Temuan lainnya