5 Hal yang Perlu Diketahui soal Vaksin Covid-19 untuk Lansia

5 Hal yang Perlu Diketahui soal Vaksin Covid-19 untuk Lansia

Terbaiknews - KOMPAS.com -Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan berusia lanjutdi atas 60 tahunakan dimulai...

KOMPAS.com -Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan berusia lanjut, di atas 60 tahun, akan dimulai pada hari ini, Senin (8/2/2021).

Pemberian vaksin untuk lansia ini disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Minggu (7/2/2021).

Vaksin akan mulai diberikan Senin (8/2/2021) pukul 09.00 WIB dengan prioritas pertama adalah nakes lansia, disusul oleh kelompok lansia dari masyarakat umum.

Vaksin yang akan digunakan adalah vaksin Covid-19 buatan Sinovac, yang baru saja mendapatkan izin edar darurat dari BPOM untuk digunakan kepada lansia.

Budi mengatakan, izin edar darurat vaksin Sinovac dikeluarkan karena lansia menjadi kelompok yang menyumbangkan angka besar dalam kasus kematian akibat Covid-19.

Dari total kasus Covid-19 di Indonesia, jumlah lansia yang terpapar virus corona sekitar 10 persen, dan dari angka tersebut, 50 persen di antaranya meninggal dunia.

"Itu menunjukkan bahwa lansia ini memang risiko (kematian)-nya lebih tinggi dibandingkan dengan kita-kita yang usianya masih di bawah 60 tahun," ujar Budi.

[HOAKS] Vaksin Covid-19 Sebabkan Lamban Berpikir dan Susah Menghapal

Berikut lima hal yang perlu kita ketahui soal vaksinasi Covid-19 untuk lansia:

1. Menggunakan vaksin Sinovac

Sama seperti nakes non-lansia yang telah menerima vaksin Covid-19 buatan Sinovac, para nakes lansia dan lansia dari kelompok masyarakat umum nantinya juga akan menerima vaksin yang sama.

BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) vaksin Covid-19 Sinovac untuk masyarakat usia lanjut atau lansia. Dengan demikian, vaksin Sinovac boleh disuntikkan ke masyarakat usia di atas 60 tahun.

Berita dengan kategori