4 Sosok ini Disebut jadi Calon Kuat Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit

4 Sosok ini Disebut jadi Calon Kuat Kabareskrim Pengganti Listyo Sigit

Terbaiknews - Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPRKompleks ParlemenJakartaRabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. (Pool/Sopian)

– Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo segera meninggalkan jabatannya sebagai Kabareskrim Polri. Hal itu menyusul keputusan DPR RI yang menyetujui Listyo Sigit menjadi Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, akan terjadi pergeseran besar di tubuh Polri setelah Sigit menjadi Kapolri. Dia memprediksi untuk posisi Kabareskrim ada 4 perwira tinggi (pati) yang menjadi calon kuat.

“Untuk posisi Kabareskrim beredar kabar, sedikitnya ada empat calon, yakni Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Afinta (Kapolda Jatim), Irjen Ahmad Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Hadiningrat (Wakabareskrim),” kata Neta, Jumat (22/1).

Selain itu, Neta menyebut ada posisi bintang 3 lainnya yang akan bergeser, yakni Sestama Lemhanas. IPW memprediksi jika posisi tersebut akan diisi oleh Wakalemdikpol Irjen Luki Hermawan.

“Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode,” jelas Neta.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit untuk bisa menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang sudah memasuki masa pensiun. Keputusan itu secara resmi dibacakan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

“Komisi III menyadari dan memahami bahwa kecakapan integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat multak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu Komisi III DPR menyetujui untuk mengangkat Kapolri yang diusulkan Presiden RI,” ujar Sahroni saat membacakan hasil dari uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam sidang paripurna DPR, Kamis (21/1).

Politikus Partai Nasdem ini berharap, Listyo Sigit Prabowo bisa sungguh-sungguh dalam meningkatkan citra Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban.