2.468 Surat Suara Pilkada Makassar Rusak, Ini Jenis Kerusakannya

2.468 Surat Suara Pilkada Makassar Rusak, Ini Jenis Kerusakannya

Terbaiknews - MakassarIDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar secara bertahap merampungkan...

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar secara bertahap merampungkan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pilkada 2020. KPU menemukan ribuan lembaran surat suara rusak.

"Total surat suara yang sudah disortir dan dilipat sampai hari ketiga ini berjumlah 259.715. Sebanyak 2.468 dikategorikan rusak dan tidak layak digunakan," kata Sekretaris KPU MakassarAsrar Marlang saat ditemui di gedung CCC Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, Selasa (24/11/2020).

1. Penyortiran surat suara ditargetkan rampung pada Rabu, 25 November

2.468 Surat Suara Pilkada Makassar Rusak, Ini Jenis KerusakannyaSurat suara Pilkada Makassar 2020 yang ditemukan rusak dalam proses sortir dan pelipatan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Asrar mengatakan, surat suara yang rusak akan dilaporkan ke penyedia agar segera mungkin diganti. Dikhawatirkan, jika tidak segera diganti, surat suara tidak mencukupi.

KPU Makassar, kata Asrar, menargetkan proses sortir dan pelipatan surat suara sudah selesai pada Rabu, 25 November.

Asrar menjelaskan, 250 dari 400 tenaga pelipat surat suara yang dibutuhkan, dianggap mampu menyelesaikan seluruh tanggung jawab yang diberikan.

"Artinya tahapannya sudah selesai sekitar 70 persen. Jadi kami pikir sudah bisa diselesaikan untuk kita masuk ke tahapan selanjutnya," kata dia.

2. Kerusakan surat suara didominasi tinta meluber ke wajah pasangan calon

2.468 Surat Suara Pilkada Makassar Rusak, Ini Jenis KerusakannyaSurat suara Pilkada Makassar 2020 yang ditemukan rusak dalam proses sortir dan pelipatan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Asrar menjelaskan jenis kerusakan cukup variatif. Mulai dari gambar calon kosong, tulisan buram, hingga yang paling mendominasi yaitu tinta meluber ke wajah pasangan calon.

"Jadi ini yang kami laporkan ke penyedia agar digantikan secepatnya dan langsung didistribusi ke kami," kata dia.

Surat suara yang rusak, menurut Asrar, tidak menutup kemungkinan akan bertambah seiring dengan proses sortir dan pelipatan. Jumlah keseluruhan lembaran yang rusak, kata dia, baru akan diketahui apabila seluruh surat suara telah disortir.

"Karena baru hari ketiga. Paling tidak besok kita sudah ketahui berapa tambahannya," ujar dia.

3. KPU tunggu distribusi APD untuk didistribusikan ke kecamatan

2.468 Surat Suara Pilkada Makassar Rusak, Ini Jenis KerusakannyaSekertaris KPU Makassar Asrar Marlang. IDN Times/Sahrul Ramadan

Lebih lanjut, kata Asrar, jika sortir dan lipat selesai, proses selanjutnya adalah tahapan pengepakan. Surat suara dan kotak suara yang sudah rampung akan didistribusikan dengan alat pelindung diri (APD) ke setiap kecamatan.

"Makanya sampai sekarang APD itu kita masih menunggu kedatangannya," ucap dia.

Khusus untuk petugas sortir dan pelipat surat suara, kata Asrar, diupah Rp200 per lembar. Mereka bekerja sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WITA.

Asrar menambahkan, KPU optimis dapat menyelesaikan tahapan awal perampungan logistik hingga Rabu besok.