2 Harimau di Sinka Zoo Singkawang Lepas, Pawang Tewas Diserang

2 Harimau di Sinka Zoo Singkawang Lepas, Pawang Tewas Diserang

Terbaiknews - Ilustrasi harimau betina berlari keluar dari kerangkeng besi saat proses pelepasliaran di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Provinsi Aceh. (Syifa Yulinnas/Antara)

JawaPos.com – Dua ekor harimau di Sinka Zoo, Kota Singkawang, Kalimantan Barat lepas. Mendapati Harimau tersebut kabur, seorang pawang berupaya mencegahnya. Namun nahas, pawang tersebut ikut diserang hingga tewas.

Pengurus Sinka Zoo Singkawang Elka Surya mengatakan, dua harimau itu lepas karena faktor alam. “Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut akhirnya menyebabkan lobang yang cukup besar di kandang harimau dan akhirnya dua harimau kabur,” Elka, Jumat (5/2) dikutip dari ANTARA.

Saat ini pihak Sinka Zoo sudah meminta bantuan pihak polisi dan TNI untuk membantu penangkapan 2 Harimau tersebut. Pihaknya pun berharap dua harimau tersebut dapat ditangkap.

Elka memastikan, Harimau yang lepas itu masih terpantau dan masih berada dalam kawasan area Sinka Zoo Singkawang.

Sementara itu, terkait lepasnya dua ekor Harimau tersebut, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Suparto langsung menghubungi pihak BKSDA Pontianak, untuk berkoordinasi terkait lepasnya dua harimau tersebut. Ia belum mengetahui pasti kronologis dua ekor harimau itu lepas.

Suparto mengaku sudah memerintahkan jajarannya untuk mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk waspada dan berhati-hati, namun tetap tenang dan tidak panik.

“Kami sudah meminta pihak Sinka Zoo untuk sementara waktu tutup,” ujarnya.

BKSDA Klarifikasi Video Viral Harimau Loreng di Tengah Hutan Jati

Suparto mengatakan, pihaknya kesulitan untuk mencari harimau pada malam hari. Ia pun meminta para petugas untuk menghentikan pencarian dua harimau tersebut karena membahayakan keselamatan.

“Karena harimau akan lebih aktif dan gesit di malam hari,” katanya.

Lebih lanjut, Suparto mengaku akan segera berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk membantu mencari harimau tersebut agar bisa cepat ditemukan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori