2 Harimau di Singkawang Lepas dari Kandang, Warga Diminta Waspada

2 Harimau di Singkawang Lepas dari Kandang, Warga Diminta Waspada

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Kepala Seksi Konservasi Wilayah III SingkawangKalimantan BaratSuparto,...

Jakarta, IDN Times - Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Kalimantan Barat, Suparto, mengimbau masyarakat berhati-hati dan waspada terkait lepasnya dua harimau dari Sinka Zoo. Namun, ia meminta masyarakat tidak panik.

Ia mengaku telah mendapatkan laporan dari pihak Sinka Zoo terkait lepasnya dua harimau pada Jumat (5/2/2021). Suparto pun sudah meminta pihak kebun binatang untuk tutup sementara,

"Kami sudah menghubungi pihak Sinka Zoo terkait lepasnya dua ekor harimau tersebut dan memang benar, bahwa ada dua ekor harimau yang lepas," kata Suparto dikutip dari ANTARA, Sabtu (6/2/2021).

1. Pencarian sulit dilakukan pada malam hari

2 Harimau di Singkawang Lepas dari Kandang, Warga Diminta WaspadaHarimau Sumatera terpantau lewat kamera trap (Dok. IDN Times/Istimewa)

Suparto mengaku sudah berkoordinasi dengan BKSDA Pontianak terkait lepasnya dua harimau tersebut. Pencarian pun masih dilakukan.

Namun, ia mengakui pencarian mengalami kendala pada malam hari. Sebab, kata dia, harimau menjadi lebih aktif dan gesit pada malam hari.

"Kami sarankan untuk memantau pergerakannya saja (saat malam), karena sangat berbahaya bagi petugas yang melakukan pencarian," ungkapnya.

2. Seorang pawang di kebun binatang meninggal diterkam harimau

2 Harimau di Singkawang Lepas dari Kandang, Warga Diminta WaspadaKoleksi Harimau Sumatera yang ada di Secreet Zoo. Beberapa spesies seperti Harimau Jawa dan Harimau Bali sudah punah. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Kapolres Singkawang AKBP Prasetyo Adhi Wibowo mengungkapkan, seorang pawang di kebun binatang Sinka meninggal dunia dalam peristiwa lepasnya dua harimau tersebut. Pawang itu bernama Ferry Darmawan.

Ia menceritakan, awalnya pawang harimau Agus Alpian mengeluarkan dua harimau ke areal bermain. Kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilakukan.

"Pada hari Jumat tanggal 5 Februari 2021 saudara Agus, sesudah istirahat pukul 13.00 WIB, mengeluarkan harimau dari kandang untuk dilepas di areal bermain harimau yang merupakan rutinitas setiap hari," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (6/2/2021).

3. Kandang harimau jebol

2 Harimau di Singkawang Lepas dari Kandang, Warga Diminta WaspadaIlustrasi: Harimau Sumatera. IDN Times/Andri NH

Setelah melepaskan harimau, Agus pun menitipkannya kepada pawang lain bernama Itus. Sebab saat itu dia ada acara keluarga dan sudah izin dengan atasannya.

Namun, pada pukul 14.00 WIB, Agus menerima pesan melalui WhatsApp bahwa harimau lepas karena kandang jebol. Agus pun bergegas mengecek hal tersebut.

Saat melakukan pengecekan itu, Agus melihat Ferry sudah tergeletak bersimbah darah, diduga diterkam harimau.

"Sampai saat ini, harimau tidak mau memasuki kandang dan masih berada di seputaran kebun binatang Tanjung Bajau. Pada pukul 16.00 WIB korban dibawa ke Rumah Sakit Abdul Azis Singkawang untuk dilakukan pertolongan pertama," ucap Prasetyo.

Berita dengan kategori