18 Perempuan Indonesia Raih Beasiswa Iptek di Selandia Baru

18 Perempuan Indonesia Raih Beasiswa Iptek di Selandia Baru

Terbaiknews - JawaPos.com – Transformasi digital kini sudah menjadi kebutuhan yang harus segera dipenuhi di...

JawaPos.com – Transformasi digital kini sudah menjadi kebutuhan yang harus segera dipenuhi di era pandemi Covid-19 menyusul kebijakan pembatasan melakukan kontak langsung guna menghindari penyebaran virus Covid-19.

Tidak bisa dipungkiri, dunia teknologi masih didominasi oleh kaum pria. Data Badan Pusat Statistik (2017) mencatat persentase tenaga kerja perempuan di bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM) hanya mencapai sekitar 30 persen. Terlebih lagi, dalam beberapa tahun terakhir, ada dorongan lebih banyak wanita untuk memasuki bidang STEM dan ikut serta berpartisipasi dengan industri teknologi.

Jaringan komunitas Girls In Tech Indonesia dan Education New Zealand menggagas beasiswa kepada wanita Indonesia yang menekuni bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM).

Beasiswa ini didanai penuh oleh Education New Zealand dan mitranya, Hacktiv8, sebuah penyelenggara pelatihan coding di Indonesia.

“Selamat kepada rekan-rekan Girls In Tech yang terpilih untuk menerima program beasiswa kami. Program beasiswa ini merupakan program yang pertama kalinya diadakan, hasil kerja sama kami dengan Education New Zealand dan Hacktiv8,” kata Nafinia Putra, Co-Managing Director Girls In Tech Indonesia.

Dia berharap ke depannya, semakin banyak wanita yang berpartisipasi, memiliki lebih banyak kesempatan dan menjadi ahli di bidang teknologi, serta memberikan dampak bagi kemajuan Indonesia.

Education New Zealand (ENZ) adalah Lembaga pemerintah yang bertujuan untuk mempromosikan New Zealand sebagai tujuan studi. Lembaga ini juga mendukung pengiriman jasa dan produk Pendidikan New Zealand ke seluruh dunia.

“Kami percaya program beasiswa ini sangat berarti karena melalui prakarsa kemitraan kami dengan Girls In Tech Indonesia. Antusiasme dan minat terhadap teknologi juga ditunjukan oleh banyaknya pendaftaran yang masuk ke dalam program beasiswa. Tentunya, kami berharap dapat melanjutkan kemitraan jangka panjang untuk mendukung kemajuan teknologi di Indonesia, “ kata Ben Burrowes, Direktur Regional Education New Zealand untuk Asia.

Bermitra dengan Education New Zealand, Hacktiv8 menyelenggarakan program pembelajaran pemula bagi mereka yang ingin menjadi Full Stack Developer. Hacktiv8 mengembangkan program yang diperbarui secara signifikan dengan perkembangan industri saat ini.

‘’Sebagai mitra beasiswa ini, kami melihat banyak potensi di dalamnya untuk berperan dalam memajukan dunia teknologi di Indonesia. Dengan memberikan para perempuan akses untuk belajar, kami berharap para peserta dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dan berkontribusi dimanapun mereka berada,” kata Juventia Vicky, Presiden Hacktiv8 Indonesia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori