170 WNI Jadi Korban Letusan Gunung Taal Filipina, Mayoritas Mahasiswa

170 WNI Jadi Korban Letusan Gunung Taal Filipina, Mayoritas Mahasiswa

Terbaiknews - Selain memantau situasi dan berkoordinasi dengan otoritas setempattim tersebut akan mengevakuasi WNI ke KBRI Manila jika diperlukan.

Sebanyak 170 warga negara Indonesia menjadi korban letusan Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina. Kebanyakan dari mereka mahasiswa.

Tim Perlindungan KBRI Manila memberikan bantuan logistik kepada WNI yang terdampak erupsi Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, Senin (13/1/2020) pagi.

Selain memantau situasi dan berkoordinasi dengan otoritas setempat, tim tersebut akan mengevakuasi WNI ke KBRI Manila jika diperlukan.

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, 170 WNI itu tinggal di wilayah Cavite, mayoritas adalah mahasiswa.

KBRI Manila juga telah menyampaikan imbauan agar masyarakat Indonesia di wilayah terdampak meningkatkan kewaspadaan, mengikuti arahan otoritas setempat, dan jika terpaksa keluar ruangan agar menggunakan masker atau handuk basah. WNI yang menghadapi situasi darurat diharap segera menghubungi hotline KBRI di nomor 0917 3198470.

Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, telah mengalami erupsi pada Minggu (12/1/2020) pukul 17.30 waktu setempat. Gunung tersebut berjarak sekitar 82 kilometer dari Manila.

Erupsi gunung ini mengakibatkan pembatalan sejumlah penerbangan, penutupan sekolah-sekolah dan gedung pemerintah, serta evakuasi terhadap 8.000 penduduk yang tinggal di daerah berbahaya. (Antara)

Source : https://www.suara.com/news/2020/01/13/132426/170-wni-jadi-korban-letusan-gunung-taal-filipina-mayoritas-mahasiswa