17 Pegawai LAN Dipastikan Negatif COVID-19, Tidak Ada Lockdown

17 Pegawai LAN Dipastikan Negatif COVID-19, Tidak Ada Lockdown

Terbaiknews - JakartaIDN Times – Sebanyak 17 pegawai Lembaga Andimistrasi Negara (LAN) disebutkan positif...

Jakarta, IDN Times – Sebanyak 17 pegawai Lembaga Andimistrasi Negara (LAN) disebutkan positif COVID-19. Terkait hal ini, Kepala Biro Hukum dan Humas LAN Tri Atmojo Sejati memastikan, lembaganya telah mengecek ulang 17 pegawai tersebut dan hasilnya negatif COVID-19.

Sebelumnya, hasil positif tersebut muncul pada saat pegawai LAN melakukan pemeriksaan spesimen melalui tes swab, Rabu 21 Juli 2020.

1. Kepala LAN juga dinyatakan negatif COVID-19

17 Pegawai LAN Dipastikan Negatif COVID-19, Tidak Ada LockdownIlustrasi tes swab (Dok. IDN Times)

Tri juga mengatakan, Kepala LAN Adi Suryanto juga dipastikan negatif COVID-19 berdasarkan pemeriksaan ulang tersebut. Pemeriksaan ulang itu dilakukan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

"Untuk memastikan hasil tersebut, terhadap 17 pegawai dimaksud, LAN melakukan tes swab di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, sebagai salah satu RS rujukan nasional, yang hasilnya secara resmi tertulis dan telah kami terima hari ini, semua dinyatakan negatif COVID-19 termasuk Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si," ujar Tri dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (25/7/2020).

2. Sampel darah 17 pegawai LAN juga dicek, hasilnya non-reaktif

17 Pegawai LAN Dipastikan Negatif COVID-19, Tidak Ada LockdownIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Masih kata Tri, 17 pegawai LAN juga melakukan cek sampel darah secara lengkap di laboratorium klinik Prodia. Hasilnya, tak ada yang reaktif.

"Kemudian dilengkapi juga dengan pemeriksaan imuno serologi anti SARS -CoV-2 metode ECLIA, dengan hasil 17 orang pegawai LAN non-reaktif," tuturnya.

3. Dipastikan tidak ada lockdown di LAN

17 Pegawai LAN Dipastikan Negatif COVID-19, Tidak Ada LockdownIlustrasi nakes melakukan Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Dengan demikian, ia memastikan bahwa tidak ada klaster yang berasal dari LAN. Selain itu, tidak akan ada lockdown di LAN. Walaupun demikian, protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat.

"Semua pegawai LAN diminta tetap tenang dan menjaga kewaspadaan. Laksanakan disiplin ketat protokol kesehatan, hindari aktivitas di kerumunan, makan makanan sehat, serta berolah raga secara rutin. Penerapan sistem piket, pembagian kerja berdasarkan shift work from office (WFO) dan work from home (WFH) tetap berjalan," tuturnya.