12 Jenazah Korban Jatuhnya Helikopter MI 17 Dievakuasi ke Oksibil

12 Jenazah Korban Jatuhnya Helikopter MI 17 Dievakuasi ke Oksibil

Terbaiknews - – Proses evakuasi helikopter MI 17 milik Penerbang TNI Angkatan Darat (Penerbad) di...

– Proses evakuasi helikopter MI 17 milik Penerbang TNI Angkatan Darat (Penerbad) di pegunungan Mandalan, Distrik Oskop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua masih terus dilakukan. Sejumlah pasukan evakuasi sudah berhasil menembus lokasi jatuhnya pesawat nahas tersebut sejak Kamis (13/2).

Terhitung sejak pagi tadi, Sabtu (15/2) pukul 06.00 WIT proses evakuasi korban kecelakaan ini sudah dimulai. Total ada 2 unit helikopter Penerbad dan 1 unit heli PT Intan Angkasa yang digunakan untuk mengangkut para korban.

“Info terakhir yang kami terima dari lapangan, 12 jenazah sudah tiba di Bandara Oksibil,” kata Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) XVII/Cendrawasih Letkol Infanteri Dax Sianturi.

Para korban selanjutnya akan langsung diterbangkan ke Jayapura siang ini. Para korban akan diidentifikasi identitasnya sebelum dikembalikan kepada keluarga masing-masing.

“Jenazah akan diterima di Base Ops Lanud Silas Papare,” jelas Sianturi.

Sebelumnya, pencarian Helikopter MI 17 Penerbad Nomor Register HA 5138 milik TNI AD yang hilang di Papua sejak Juni 2019 dinyatakan berakhir. Bangkai pesawat nahas tersebut telah ditemukan di salah satu tebing di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab mengkonfirmasi hal ini setelah dia melakukan penerbangan ke lokasi. Dia didampingi oleh Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Constan Oktemka dan Danrem 172/PWY, Kol. Inf Binsar Sianipar. Lokasi puing-puing heli ini ditemukan Senin (10/2) sekitar pukul 09.00 WIT.

“Betul, tadi saya melihat langsung lokasi puing dari ketinggian 12.500 feet,” kata Herman.