11.140 Vaksin COVID-19 Telah Tiba di Kota Depok

11.140 Vaksin COVID-19 Telah Tiba di Kota Depok

Terbaiknews - DepokIDN Times - Pemerintah Kota Depok telah menerima 11.140 vaksin COVID-19. Kedatangan vaksin...

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok telah menerima 11.140 vaksin COVID-19. Kedatangan vaksin diterima Pemkot Depok sekitar pukul 15.00 WIB di gudang farmasi Dinas Kesehatan Depok.

Kepala UPTD Farmasi Dinas Kesehatan Kota Depok, Imelda Wijaya mengatakan, telah menerima kedatangan vaksin sebagai bentuk upaya pemerintah mencegah COVID-19.
"Sudah kami terima dan kami simpan di gudang farmasi, kami menerima 11.140 vaksin," ujar Imelda di Depok, Selasa (12/1/2021).

1. Vaksin telah disimpan di enam cold chain milik Dinkes Depok

11.140 Vaksin COVID-19 Telah Tiba di Kota DepokColdchain penyimpanan vaksin di gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Depok. (Istimewa)

Staf Perencanaan Logistik UPTD Farmasi Dinas Kesehatan Kota Depok, Ria mengatakan, vaksin yang dikirim dari bentuk dalam bentuk kemasan bervariasi. Satu cool box berisikan 49 boks kecil dan ada pula 34 boks kecil. Satu boks kecil berisikan 40 vial namun rata-rata ukuran boks yang diberikan berisikan 49 boks kecil.

"Umumnya kebanyakan 40 boks kecil," ujar Ria.

Ria menuturkan, saat ini vaksin telah disimpan di enam cold chain milik Dinas Kesehatan Kota Depok. untuk pembukaan cold chain berada di pimpinan satuan Tim Gugus Tugas.

"Vaksin dalam kondisi aman di tempat penyimpanan," kata Ria.

Imelda mengungkapkan, belum mengetahui kapan pendistribusian vaksin yang diberikan kepada puskesmas maupun rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Depok. Hal itu dikarenakan kewenangan pendistribusian berada di Dinas Kesehatan Kota Depok.

"Saya tidak tahu karena kewenangan Dinas Kesehatan Kota Depok," ucap Imelda.

2. Disimpan dalam suhu dua hingga delapan derajat celcius

11.140 Vaksin COVID-19 Telah Tiba di Kota DepokSejumlah coldchain vaksin tersimpan di gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Depok. (Istimewa)

Ria mengungkapkan, vaksin yang diterima Dinas Kesehatan Kota Depok telah disimpan di gudang penyimpanan vaksin dengan suhu dua hingga delapan derajat celcius. Menurutnya, suhu tersebut aman untuk penyimpanan vaksin.

"Kami simpan di suhu yang tetap terjaga dan sesuai rekomendasi," kata Ria.

Ria menambahkan, tempat penyimpanan vaksin tidak dapat dibuka tutup untuk menjamin keamanan vaksin.

"Seharusnya secepatnya didistribusikan gak bisa buka tutup. Untuk melihat boks tidak mungkin bisa," kata Ria.

3. Vaksinasi pertama di Depok akan dilakukan pada 14 Januari di RSUI

11.140 Vaksin COVID-19 Telah Tiba di Kota DepokWali Kota Depok , Mohammad Idris bersama Forkopimda Kota Depok di Balai Kota Depok. (IDN Times/Dicky)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok telah menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19. Nantinya Rumah Sakit UI menjadi lokasilaunchingpelaksanaan vaksinasi di Kota Depok.

Wali Kota Depok Muhammad Idris menjelaskan,launchingpelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan pada Kamis (14/1/2021). Menurutnya, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo akan melaksanakan vaksinasi pada Rabu (13/1/2021), setelah itu Kota Depok akan melakukan vaksinasi.

"Informasinya Presiden akan menjadi orang pertama setelah itu baru kita melaksanakan," terang Idris.

Idris mengungkapkan, pemberian vaksin di Kota Depok akan menunggu arahan Pemerintah Pusat. Apabila jadwal Presiden mundur hal yang sama juga akan dilakukan Pemerintah Kota Depok.