Warga Jakarta Bisa Cek Ketersediaan Tempat Tidur bagi Pasien Covid-19 di Aplikasi SIRANAP

Warga Jakarta Bisa Cek Ketersediaan Tempat Tidur bagi Pasien Covid-19 di Aplikasi SIRANAP

Terbaiknews - - Baru-baru iniKementerian Kesehatan ( Kemenkes) meluncurkan sistem informasi yang memuat...

, - Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) meluncurkan sistem informasi yang memuat informasi tentang ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 di rumah sakit di Indonesia, termasuk DKI Jakarta.

Fasilitas ini dapat diakses melalui aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit ( SIRANAP) yang dapat diunduh di Google Play Store atau diakses melalui situs resmi Kemenkes.

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, data dan informasi mengenai ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 juga disajikan di sana secara real time.

Data diperbaharui secara langsung oleh rumah sakit. Meski demikian, pihak Kemenkes juga melakukan pemantauan secara terus menerus.

"Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini. Khusus DKI Jakarta dikeluarkan aplikasi untuk (mengetahui) tempat perawatan yang tersedia," ujar Nadia kepada Kompas.com, Selasa (26/1/2021).

Kolapsnya RS Rujukan di Jabodetabek, Antrean UGD hingga Pasien Meninggal karena Telantar

Melihat SIRANAP lebih dekat

Warga Jakarta Bisa Cek Ketersediaan Tempat Tidur bagi Pasien Covid-19 di Aplikasi SIRANAPhttp://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/pages/rsvertikal Laman SIRANAP

Dalam situs resmi siranap, yang dapat diakses pada laman http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/pages/rsvertikal, terdapat sejumlah menu, di antaranya:

  • Rumah sakit vertikal
  • Rumah sakit daerah
  • Rumah sakit lainnya
  • Entri Data
  • Juknis SIRANAP
  • Contact Person

17 Hotel di Jakarta Jadi Tempat Akomodasi Tenaga Medis dan Isolasi Pasien Covid-19

Jika mengeklik menu rumah sakit vertikal, rumah sakit daerah, atau rumah sakit lainnya, akan muncul data ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia.

Masyarakat juga dapat melihat data ketersediaan tempat perawatan Covid-19 di wilayah yang dikehendaki dengan memilih provinsi pada menu yang telah disediakan.

Sementara itu, menu entri data hanya dapat diakses oleh pihak rumah sakit, dengan memasukkan kode rumah sakit dan password yang telah diberikan.

(Penulis Mela Arnani | Editor Inggried Dwi Wedhaswary)